kegiatan

Jauh dari harapan, tapi selalu berharap….


Laporan dari panitia astroparty 07

Acara : Astro Party
Waktu : Selasa, 6 Maret 2007, 13.00 – 17.00
Tempat: Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebuadayaan Rusia (Roszarubezhtsentr), Jakarta

Tidak lebih dari 50 siswa SMA dari beberapa sekolah di DKI “memadati” ruang pertemuan di pusat kebudayaan ini. Untuk kedua kalinya HAAJ bekerjasama dengan Pusat Roszarubezhtsentr dengan acara yang sama, yaitu astro party pada tahun 2004 yang lalu.

Sehubungan dengan kegiatan astroparty ini dilaksanakan di Roszarubezhtsentr, maka tema kegiatan kali ini sekaligus memperingati ulang tahunnya Valentina Tereshkova yang ke 75. Dia adalah kosmonot wanita pertama yang pernah sampai luar angkasa, mengorbit bumi pada tahun 1963 dengan menggunakan pesawat Vostok 6.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, konsep kegiatan astroparty belum berubah, yaitu: talkshow, pameran, dan pemutaran film. Mr.Vaulin selaku direktur Roszarubezhtsentr yang diwakili, turut memberikan kata sambutan untuk acara astroparty ini, intinya beliau merasa sangat senang dengan adanya kegaitan ini.

Talkshow sesi 1, tentang bahasa rusia merupakan bahasa kosmos pertama di dunia. dilanjutkan dengan pemutaran film tentang Valentina Tereshkova, berhubung pada film tidak dilampiri terjemahan dalam bhs Indoesia maupun bhs inggris, maka selama pemutaran film ini didampingi penerjemah online.
Talkshow sesi 2, tentang penerbangan angkasa luar, disampaikan oleh Drs. Agus Ma’rufi dan Drs. Widya Sawitar dengan moderator Amrizal.

Setelah session kelas (talkshow dan pemutaran film) selesai, acara dilanjutkan dengan pendokumentasian. Acara astro party kali ini memang sangat jauh dari harapan, (mungkin) perlu ada beberapa yang harus dibenahi agar pelaksanaan Astro party selanjutnya menjadi lebih baik.

-foto-foto kegiatan astroparty’07-
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Ada beberapa yang menjadi rekomendasi untuk kegiatan astroparty kedepan, yaitu: merujuk pada tujuan kegiatan astroparty adalah untuk membumikan astronomy ke masyarakat khususnya ke siswa SMA kiranya perlu didukung dengan konsep dan model penyampaian yang lebih menarik. Merujuk nama astro party, party = pesta = active = action …. kedepan astroparty harus lebih banyak action.

atau… ada ide lain? silahkan untuk berkomentar.

sehingga, maseh selalu berharap untuk kegiatan astro party kedepan semakin asyiiik…dan semakin lebih banyak lagi yang peduli dengan astronomy.
banzaaaiiiii….

spasifa
(artinya terima kasih= nulisnya gak betul itu…)


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.