Uncategorized

…d pLanet


Foto yang ada di artike ini diambil secara sembarang dari situs yahoo, dan tanpa permisi gitu…tapi sepertina legal dey…xixixixi mo tahu ini planet apa ? klik sini.

Manusia, salah satu mahkluk ciptaan Tuhan yang diberi kelebihan akal untuk menentukan sikap serta berpotensi sebagai mahkluk perusak. “to be a human is to be a destroyer” — kalo gak salah ini kata Gie deh…dan sepertinya Gie gak salah dalam hal ini. Kapal besar, yang bernama bumi, tempat naungan manusia beserta ekosistemnya untuk melangsungkan hidup sedikit demi sedikit mulai menampakkan kejenuhannya– pemanasan global, bencana alam, dan 3 hari terakhir ini wilayah jakarta timur setiap sore dilanda hujan disertai angin kenceng. Makhluk yang bernama manusialah yang sedikit banyak seharusnya ikut bertanggung jawab– eksploitasi bumi secara besar-besaran tanpa diimbangi recovery, buang limbah sembarangan, aktivitas rumahtangga yang menyebapkan O3 menipis, dll.

Dan Tuhan Maha Adil, manusia diberi akal untuk memikirkan semua itu, termasuk mencari alternatif kapal besar sebagai tempat berlayar di lautan jagat raya ini. Usaha manusia untuk mencari planet di luar system tata surya kita ini telah dilakukan terhitung sejak abad ke 20 semenjak ditemukannya teleskop Hubble (mungkin- red). Yeaah…sapa tahu ketika udah ditemukan alat transportasi secepat atau lebih cepet dari kecepatan cahaya– kita bakalan berpiknik antar galaksi (ooutch…star trek gak hanya sekedar film lagi).
Katanya nie…kira-kira lebih dari 200 planet telah ditemukan di luar system tata surya kita, tapi rata-rata planet yang ditemukan adalah planet jovian sebesar Jupiter, jadi yeah…susah juga untuk tempat tinggal manusia– gimana cara berpijaknya ya?.

Bukan manusia kalo gak terus mencari xixixixixixi…
Kemaren barusan dupublish, bahwa observatorium di eropa- European Southern Observatory’s telescope di La Silla, Chile telah nemuin planet di luar tata surya kita. Istimewanya planet temuan ini punya indikasi cocok untuk berlangsungnya suatu kehidupan (mirip bumi laaaah…). Planet ini ngorbit ke bintang yang bernama Gliese 581 , jaraknya dari kita 20,5 tahun cahaya…humph…kira-kira butuh berapa ratus juta tahun ya…sampe ke sana kalo naek mobil sedan ferrary…(gak mungkin banget…).Tapi kemiripan planet ini dengan bumi masih praduga kok, soalnya lokasinya terlalu jauh, and the themperature’s atmosphere nya masih hot gitu..kata sang ahlinya. — maseh akan ada penelitian selanjutnya …

Yeah…paling gak, ada planet terestrial di luar sistem tata surya kita nun jauuuh di sana…dan (semoga) ada koloni yang punya peradapan mirip dengan manusia. sapa tahu kita ntar bisa sms-an ma mereka, gitu ..tul gak Pak Wid!!?!!

salam pisces

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.