Uncategorized

Star Party in Al-Kausar Islamic Boarding School


Star Party atau lebih dikenal dengan kemah bintang merupakan acara yang sering diadakan dari berbagai pihak sekolah maupun instansi untuk mengenalkan dunia astronomi kepada peserta. Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan para peserta dapat memahami dan mengenali tentang dunia ilmu astronomi dan diharapkan juga dapat manambah rasa syukurnya kepada Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta. Acara yang dimulai sejak pukul 21.00 WIB ini, sebelumnya diisi dengan pemberian materi dari tim HAAJ dengan materi yang telah dikhususkan yaitu tentang alam semesta umum. Namun materi dapat ditukar dengan materi lain tergantung dari keinginan pihak panitia. Biasanya materi yang diinginkan dari pihak panitia berupa fenomena astronomis seperti gerhana, transit, dll. atau dapat juga materi tentang evolusi bintang atau dapat juga materi lainnya. Sebagai tambahan, bahwa dalam rangka menyambut Tahun Astronomi Sedunia 2009 setiap presentasi akan diawali dengan pemutaran trailer IYA 2009 dan akan dijelaskan secara singkat tentang kegiatan astronomi yang dilakukan selama satu tahun mendatang di berbagai belahan dunia.


Sekolah Al-Kausar yang berlokasi di Desa Babakan Jaya, Parung Kuda, Sukabumi merupakan salah satu sekolah yang rutin setiap satu tahun sekali selalu mengundang HAAJ untuk menyelenggarakan acara Star Party. Bapak Hanafi selaku koordinator acara telah bekerja sama dengan HAAJ kurang lebih sejak tahun 2003 yang lalu. Peserta star party diwajibkan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun para siswa dari tingkat SMA pun juga diperbolehkan jika ingin mengikuti kegiatan tersebut. Acara star party di Sekolah Al-Kausar ini merupakan acara yang paling unik, dimana acara selalu diadakan setiap pertengahan bulan Ramadhan. Sekitar tanggal 14, 15, atau 16 Ramadhan. Meskipun pada tanggal tersebut bulan menampakan penuh wajahnya, hal ini tidak menjadi halangan pada setiap star party berlangsung. Para peserta masih dapat melihat objek-objek Messier (khususnya Open Cluster, dan Globular cluster) dan jika beruntung peserta dapat melihat contoh dari Nebula (Rahim Bintang).


Informasi baru : pada tahun ajaran kali ini Sekolah Islam Al-Kausar telah mendirikan Club Astronomi dengan pembina yaitu Bapak Arifin (guru fisika). Meskipun beranggotakan sedikit, Club Astronomi Al-Kausar dapat menunjukkan keseriusannya dalam Olimpiade Astronomi tingkat Propinsi Jawa Barat. Selamat untuk Pak Arifin dan siswanya…….


Berikut di bawah ini adalah video dan dokumentasi kegiatan pada saat acara berlangsung.

Pemutaran trailer IYA 2009. Kredit : ronny

Pemberian materi astronomi oleh Pak Widya Sawitar. Kredit : ronny

Peserta pun beraksi ketika teleskop telah siap digunakan. Kredit : ronny


Mohon maaf jika mendengar suara bersin pada saat memutar video di atas. By: rny


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.