Uncategorized

Report: Star Party 3, Anyer 25-26 Oktober 2008


Sebelumnya kami dari pihak pengurus blog HAAJ mohon maaf atas keterlambatan report dari kegiatan star party ketiga yang dilaksanakan di Anyer beberapa pekan yang lalu.

Secara umum Star party (pesta bintang) adalah suatu rangkaian kegiatan yang mana peserta star party akan diajak untuk mengenali langit malam daerah setempat serta pengenalan terhadap benda-benda langit yang tampak pada malam itu baik melalui teleskop, binokuler ataupun dengan mata telanjang. Namun acara star party dapat pula diisi dengan aktivitas lain yang tentunya memiliki hubungan dengan astronomi, seperti pengenalan teleskop, penggunaan peta bintang dan peta bulan, bedah software, diskusi, dll. Pada star party ketiga ini selain peserta mengintip langit, peserta juga akan diberikan beberapa soal latihan yang bertujuan untuk melihat kemampuan astronomi pada diri masing-masing peserta. Soal yang diberikan ke peserta berupa soal astronomi populer, tata koordinat, logika, analisa lirik lagu, dan analisa peta langit.
Pada awal malam, kondisi langit belum memungkinkan untuk mengamat. Sehingga kegiatan dialihkan dengan mengerjakan soal-soal latihan dan berdiskusi dengan peserta. Kurang lebih sekitar pukul 10 malam, langit mulai menampakkan beberapa bintang terang di langit belahan selatan. Meskipun terkadang-kadang tertutup oleh awan. Setelah beberapa menit kemudian, langit pun mulai dipenuhi dengan bintang-bintang lainnya. Pada tengah malam barulah tampak beberapa rasi bintang yang cukup jelas untuk dilihat seperti Orion, Taurus, Pegasus dan Andromeda. Pencarian objek messier pun dilakukan oleh peserta. Sambil mengamati langit malam di pinggir pantai, terdapat beberapa peserta yang berhasil mengamati sisa-sisa hujan meteor Orionid. Kurang lebih sepanjang malam ada sekitar 6-7 meteor yang dapat dilihat oleh peserta. Suatu keberuntungan tentunya…

Berikut di bawah ini adalah dokumentasi kegiatan star party 3 Anyer 2008

Gambar 1. Para Peserta belajar merakit teleskop yang dipandu oleh mentor

Gambar 2. Sambil menunggu langit terbuka, para peserta mengerjakan soal-soal latihan dan dibimbing oleh mentor.

Gambar 3. Astrofotografi merupakan sisi lain dalam setiap kegiatan star party.

By: rny.


2 Comments on Report: Star Party 3, Anyer 25-26 Oktober 2008

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *