Pertemuan Rutin

Pertemuan Rutin: Planet-planet dalam tata surya


Materi : Planet-Planet dalam Tata Surya
Pemateri : Vinsensius
Tanggal : 31 Januari 2009

Ramai juga, padahal sampai jam 05.15 pm baru beberapa kursi yang terisi… lama-lama penuh juga. Sore ini banyak makanan, hehehe….

Pertemuan kedua di bulan Januari adalah tentang planet, dengan pembahasan khusus tentang kedelapan planet yang ngelilingi matahari. Materi ini masih menjadi materi rutin dalam pertemuan HAAJ dwi mingguan, karena berdasarkan poling di akhir tahun 2008 materi tentang tata surya ternyata masih banyak diminati. Oleh karena itu Tata Surya di bagi menjadi 2 sesi, yaitu Tata Surya I, tentang planet dan Tata Surya 2, tentang Matahari Sebagai Bintang (Pertemuan: 14 Febuari 2009).

Planet?
mengapa benda-benda langit yang mengelilingi matahari disebut dengan planet? kenapa bukan skutel (hehehe… kebetulan Dino ulang tahun dan bawa skutel), atao apa ya… – sudah dari dulu kali ya… ?!
Di dalam Bahasa Indonesia istilah planet juga saduran dari bahasa inggris yaitu “Planet”. Heemmm… secara Etimologinya, planet berasal dari bahasa latin yang berarti “Pengembara”. Orang zaman dahulu kan suka melihat langit, soalnya belum ada TV, naaahh… kegiatan mereka cuma stargaze, lalu mereka melihatnya sebagai bintang yang berpindah-pindah tempat relatif terhadap bintang yang lain. Kemudian disepakatilah namanya PLANET sama orang Yunani zaman dulu…

Sejak tahun 2006, Pluto bukan dianggap sebagai planet lagi, jadi umur Pluto sebagai planet cuma 76 tahun… hehehehe.. mirip umur rata-rata manusia ye…. Ketika Pluto ditemukan, orang tidak begitu meributkan definisi tentang planet, pokoknya semua benda yang lebih besar daripada asteroid disebut dengan Planet. Kebetulan asteroid terbesar, yaitu CERES jauh lebih kecil daripada Pluto. Akan tetapi pada tahun 90-an yaitu sejak banjir penemuan objek-objek di Sabuk Kuiper yang sekarang terkenal dengan nama planet Katai (Dwarft Planet), para astronom profesional mulai mempermasalahkan definisi planet. Ter-eliminasilah Pluto sebagai planet. Kecewakah Clyde Tombaugh ? kkk….

Secara ukuran, planet-planet yang ngelilingi matahari dibagi menjadi 2, yaitu planet Terestrial (merkurius, venus, bumi, dan mars) dan planet Jovian (Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus). Masing -masing mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Dan Sampai saat ini hanya planet Bumilah yang dapat dihuni oleh manusia.

Arrizza sebagai moderator (kiri), Vinsensius sebagai Pemateri (kanan)

Peserta yang Hadir pada pada Pertemuan Rutin HAAJ Ke-2

-salam pisces


1 Comment on Pertemuan Rutin: Planet-planet dalam tata surya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.