kegiatan

Report: GMC 26 Januari 2009 di Anyer


Setelah perencanaan sejak tahun kemarin, dan juga setelah persiapan yang tidak sebentar. Akhirnya HAAJ mempunyai kesempatan untuk dapat menyaksikan peristiwa Gerhana Matahari Cincin. Pada event tersebut HAAJ tidak hanya melakukan pengamatan saja tetapi juga mengadakan penyuluhan tentang materi Astronomi kepada anak-anak SMP, SMA, dan sederajat. Kegiatan penyuluhan dan pengamatan tersebut mengambil tempat di MTsN 1 Anyer selaku tuan rumah.

Hari Pertama
Kegiatan ini dimulai sejak dua hari sebelum peristiwa Gerhana Matahari Cincin yaitu pada tanggal 25 Januari 2009, pada kegiatan tersebut HAAJ tidak sendirian, melainkan bekerjasama dengan UNAWE Indonesia. Pada hari Minggu, 25 Januari, kegiatan dimulai untuk para siswa SMP, SMA, dan sederajat, mengenai penyuluhan tentang materi seputar astronomi yang dibawakan oleh Bapak Widya Sawitar selaku Narasumber, dan Rayhan selaku moderator. Para siswa tampak antusias dengan acara tersebut, ditandai dengan banyaknya respon berupa pertanyaan dari para siswa- siswi pada saat sesi tanya jawab.

Selepas penyuluhan mengenai Astronomi, acara dilanjutkan dengan kegiatan berupa Workshop Astronomi. Dimana HAAJ mengadakan Workshop yaitu mengukur Diameter Sudut Matahari, Sundial ( Jam Matahari ), Ocean Solaris ( Simulasi Permukaan Matahari ), dan Roket Air. Dimana para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti kegiatan tersebut, dan dimasukkan kedalam kelas-kelas yang sudah dipersiapkan sebelumnya untuk kegiatan Workshop. Pada Workshop Astronomi tersebut UNAWE Indonesia turut membantu dalam kegiatan Workshop Astronomi tersebut. Seluruh rangkaian kegiatan pada hari tersebut ditutup dengan pengamatan malam, yg dihadiri oleh seluruh peserta penyuluhan.


Hari Kedua
Pada hari kedua, kegiatan dimulai dengan acara dari UNAWE Indonesia yang dikhususkan untuk siswa- siswi tingkat TK dan SD yang dimulai pada pukul 10.00 WIB. Pada kegiatan ini HAAJ menjadi tenaga pembantu dalam program UNAWE Indonesia tersebut. Pada kesempatan tersebut tim UNAWE Indonesia membuat kegiatan berupa Permainan Ular Tangga Raksasa, Planetarium Mini, Cerita/Dongeng Astronomi, dan Workshop Roket Evervecent. Keseluruhan kegiatan berlangsung baik dan lancar, walaupun terdapat keterbatasan waktu dalam seluruh acara tersebut. Setelah itu kegiatan penyuluhan dilanjutkan dengan acara Talkshow Astronomi tentang “Gerhana Matahari Cincin” yang dimulai pada pukul 13.00 WIB, dengan Bapak Widya Sawitar sebagai narasumber. Acara Talkshow pun berlangsung cukup meriah.

Setelah Talkshow Astronomi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan Pengamatan Gerhana Matahari Cincin yang dimulai sekitar pukul 15.00 WIB. Pengamatan Gerhana Matahari Cincin Menggunakan 4 Teleskop, 3 Teleskop dari HAAJ dan 1 Teleskop dari UNAWE Indonesia yang digunakan untuk Streaming ke TV. Beberapa dari peserta dan panitia juga ada yang menggunakan kacamata matahari rakitan. Fase Gerhana Matahari Cincin pada kontak awal terjadi sekitar pukul 15.20. Seluruh rangkaian kegiatan penyuluhan dan pengamatam GMC pun berakhir saat gerhananya telah mencapai kontak akhir. Dan, pada pukul 17.30 WIB semua peserta telah beranjak pulang.

Berikut beberapa dokumentasi pada saat kegiatan penyuluhan di MTs Negeri Anyer:


Peserta SMP dan SMA Sederajat


Peserta TK dan SD Sederajat

Tim Roket Air dan Sundial Berpose Setelah Workshop Selesai

4 Kegiatan Workshop HAAJ yang Diadakan di MTs Negeri Anyer

Pengarahan di Lapangan MTs Negeri Anyer dari salah satu Tim HAAJ

Pengamatan Menggunakan Teleskop Sangat Diminati Peserta Penyuluhan Astronomi

Salah Satu Kegiatan Dari UNAWE Indonesia yaitu Workshop Roket Evervecent.

Gerhana Matahari Cincin Fase Parsial Awal

Gerhana Matahari Cincin Fase Cincin

Gerhana Matahari Cincin Fase Parsial Akhir
salam
RF & D


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.