kegiatan

Kalender Pertemuan Rutin HAAJ – 21 Maret 2009



WAHANA ANTARIKSA

New Horizons

Wahana antariksa Amerika Serikat yang bertugas untuk meneliti

dwarf planet Pluto, satelitnya Charon, Nix, Hydra;

serta Kuiper Belt Objects.

Diluncurkan 19 Januari 2006 dengan roket Atlas V.

Diperkirakan sampai Pluto Juli 2015. Sebelum sampai Pluto, wahana ini

akan meminta bantuan Planet Jupiter untuk melakukan

manufer gravitasi guna percepatan wahana tersebut.
Sumber: NASA.


Bermimpi ter
bang laksana burung mungkin salah satu “mimpi unik” manusia. Mitologi/legenda yang lahir ribuan tahun lalu ibarat ujud mimpi ini. Dengan iptek yang makin maju, impian itu sedikit banyak lebih mewujud. Pada abad 20 SM, alkisah pada era dinasti Hsia di China ada seorang bernama Wan Pu yang mencoba terbang dengan layangan besar bertenaga roket. Roket ini berbahan bakar mesiu (mungkin ini terjadi sebagai adaptasi munculnya petasan atau kembang api luncur). Uniknya sekitar 500 tahun kemudian muncul sketsa mesin terbang berbaling-baling.


Keinginan terbang inipun muncul dari cerita klasik Verne dari Perancis (Dari Bumi ke Bulan – 1865) yang berkhayal mengedarai roket raksasa. Sempat difilmkan dengan judul Perjalanan ke Bulan oleh Georges Melier awal 1900-an. Usaha ini meningkat hingga saat 17 Desember 1903, dilakukan penerbangan pertama oleh Wright bersaudara. Disusul berhasilnya Goddard dengan meluncurkan roket berbahan bakar cair tanggal 16 Maret 1926 dan dalam tahap ini berpuncak 4 Oktober 1957 dimana Soviet berhasil meluncurkan Sputnik 1 ke luar angkasa.


Tentu
kita dapat lihat bagaimana perkembangan iptek ke-antariksa-an selanjutnya. Sebut Laika, seekor anjing yang berhasil menjadi “awak” Sputnik 2, disusul Explorer I – satelit pengorbit Bumi tahun 1958 oleh Amerika Serikat, kemudian keberhasilan kosmonot Yuri Gagarin dengan Vostok 1 (12 April 1961), disusul 20 Juli 1969 pendaratan Armstrong di Bulan hingga dirakitnya wahana antariksa International Space Station. Sampai kini, sudah begitu banyak usaha manusia untuk menyibak misteri tentang Bumi dan lingkungannya yang tidak lain adalah jagad semesta berlandas wahana antariksa.



Bagaimana perkembangan ke-wahana antariksa-an hingga era kini secara lebih lengkap, tanya2 yang banyak ke Mas Nd di pertemuan HAAJ yang ini.


salam wr



Yang kelas XII boleh dateng tapi buat kelas sendiri..ufh..kelas belajar,.. ya ya ya, barangkali ada guru Mtk(mba Ik) – Fsk(Bu Ek) – Biology(mba Fby) – Kimia(mba Wda) yang dateng (janjian aja). Atau belajar bareng/barter info antar sekolah .. ups. Oya, kecuali kalau ada makan2 ..baru silakan gabung. Barangkali ada kiriman dari Bandung .. sip (b-a-r-a-n-g-k-a-l-i..!!!).


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.