Uncategorized

Star Party I – Kampus IPB Darmaga Bogor


Seperti tahun-tahun sebelumnya, Star Party HAAJ pada tahun 2009 ini masih tetap dilaksanakan di Kampus IPB Darmaga Bogor. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 28-29 Maret 2009 lalu, dimulai pada pukul 23.00 WIB yang semula direncanakan mulai pada pukul 21.00 WIB. Keterlambatan ini disebabkan oleh adanya kegiatan kompetisi olah raga yang diselenggarakan oleh pihak IPB di Gymnasium.


Peserta yang mayoritas terdiri dari para pelajar (SMP, SMA, dan Mahasiswa), membuat suasana menjadi berubah layaknya seperti sebuah sekolah umum. Selain itu terdapat beberapa peserta yang menyempatkan diri untuk belajar materi-materi UN (Ujian Negara), kita doakan saja semoga berhasil saat ujian nanti. Berdasarkan absensi Star Party, tercatat 125 peserta (tidak termasuk panitia) yang ikut berpartisipasi pada acara ini.


Pada saat yang bersamaan, tanggal 28 Maret 2009 merupakan hari Earth Hour, dimana semua masyarakat di dunia diharapkan untuk mematikan lampu selama satu jam guna mengurangi dampak efek pemanasan global di muka Bumi. Salah satunya adalah mahasiswa dari IPB Jurusan Geofisika yang kebetulan mengadakan pengamatan di Gymnasium. Dengan membawa satu unit teleskop Newtonian, akhirnya mahasiswa tersebut bergabung kegiatan dengan HAAJ meskipun diluar program yang telah mereka buat. Bagi HAAJ, ini merupakan suatu kerjasama yang baru meskipun diluar rencana awal.


Berikut di bawah ini beberapa dokumentasi kegiatan,


Penyampaian materi tentang rasi bintang. Credit: Indra

Para peserta belajar menggunakan peta serta penerapannya pada bola langit.

Credit: Indra

Peserta dijelaskan mengenai prinsip-prinsip teleskop serta bagaimana cara pengoperasiaannya.
Credit: Indra.

salam
——Aquila——

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.