Uncategorized

ACTIVITY REPORT – ASTRO PARTY 2009


Astro Party 2009, sebuah kegiatan tahunan berbentuk Talk Show, Workshop, Pameran dan Pemutaran Film Astronomi, telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh Komite Astro Party 2009. Kegiatan yang untuk tahun ini bekerja sama dengan Istituto Italiano di Cultura ini telah dilaksanakan pada hari sabtu, 23 Mei 2009 pukul 10.00-17.00 WIB di Auditorium Istituto Italiano di Cultura, jln. H.O.S. Cokroaminoto no: 117, Menteng, Jakarta Pusat.

Kegiatan yang bertemakan “Dedicated to 400 Years of Galileo’s First Telescopic Observation of The Cosmos and International Years of Astronomy 2009” ini diawali dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ketua Komite Astro Party 2009, M. Rayhan, Kepala Planetarium dan Observatorium Jakarta yang diwakili oleh Ibu Hj. Tarumini, dan Direktur Istituto Italiano di Cultura, Mrs. Giovanna Jatropelli.


Suasana ruang talkshow Astro Party yang dipenuhi oleh peserta, pembicara dan tamu VIP


Setelah pemutaran Trailer International Year of Astronomy 2009, acara dilanjutkan dengan talk show pertama oleh Dr. Stefano Covino dengan judul presentasi “A Revolutions in an Eyepiece: The Influence of Galileo Galilei on Modern Science” dengan moderator Anton William, S.Si dari Departemen Astronomi Institut Tekhnologi Bandung.

Talkshow pertama oleh Dr. Stefano Covino dan pemberian kenang-kenangan kepada beliau oleh Penasehat HAAJ, Bpk. Djuhana Widjaya Kusuma

Acara dilanjutkan dengan pemutaran film astronomi yang menampilkan film rilisan IYA 2009 tentang Galileo Galilei dan setelah itu peserta diberikan waktu istirahat untuk sholat, makan siang dan pengamatan matahari.

Sesi Pemutaran Film Astronomi yang dilanjutkan dengan Pengamatan Matahari di luar Auditorium


Setelah istirahat, acara kembali dilanjutkan dengan talk show kedua oleh Dr. Hakim L. Malasan dengan judul presentasi “Progress in Optical Astronomical Instruments for Research and Education” dengan moderator Dyas Utomo, mahasiswa jurusan Astronomi Institut Tekhnologi Bandung.

Talkshow kedua oleh Dr. Hakim L. Malasan dan pemberian kenang-kenangan kepada beliau oleh Ketua HAAJ, Bpk. Tersia Marsiano

Acara dilanjutkan dengan Workshop Galileoscope (Teleskop Galileo) yang dibawakan oleh Ketua HAAJ, Bpk. Tersia Marsiano dan setelah itu langsung masuk pada talk show ketiga yang disampaikan oleh Premana. W. Premadi, PhD. dengan topik presentasi “Why Should We Learn About Astronomy?” dengan moderator Bpk. Drs. Widya Sawitar dari Planetarium dan Observatorium Jakarta.

Suasana saat mengunjungi stand pameran dan saat Workshop Galileoscope dilakukan

Talkshow ketiga oleh Premana W. Premadi, PhD. dan pemberian kenang-kenangan kepada beliau oleh Ketua Komite Astro Party 2009, M. Rayhan


Setelah seluruh talkshow ditampilkan, acara memasuki saat-saat akhir ketika acara dilanjutkan pada sesi pemberian kenang-kenangan kepada Direktur Istituto Italiano di Cultura, Mrs. Giovanna Jatropelli, baik untuk beliau sebagai individu maupun untuk Institut sebagai institusi, atas seluruh partisipasi dan kerjasamanya atas terselenggaranya acara Astro Party 2009 ini. Mrs. Jatropelli sempat memberikan kejutan kepada seluruh peserta ketika beliau memberikan bingkisan yang berisi makanan khas Italia dan minuman Wine Italia keluaran tahun 2007 kepada masing-masing pembicara talk show dan kepada Ketua Komite Astro Party 2009.
Acara benar-benar berakhir ketika MC menutup acara dan para peserta dibariskan untuk sesi foto bersama.

Pemberian ucapan terima kasih oleh Pembina HAAJ, Bpk. Drs. Widya Sawitar dan Ketua Himpunan Astronomi Indonesia, Ibu Premana W. Premadi, PhD. kepada Direktur Istituto Italiano di Cultura, Mrs. Giovanna Jatropelli


Selesai acara, seluruh peserta dibariskan untuk sesi foto bersama dengan seluruh pembicara talk show dan panitia Astro Party 2009

Secara umum, acara ini berjalan dengan baik dan dihadiri oleh sekitar 150 orang yang terdiri dari peserta, pembicara, panitia dan tamu VIP. Acara ini juga sempat dihadiri oleh Kepala Bagian Administrasi Kedutaan Besar Republik Italia, Mr. Michele Di Fonzo dan secara tidak terduga juga oleh Direktur Kedutaan Besar Republik Italia, H. E. Mr. Roberto Palmieri.

Sampai Jumpa pada Astro Party edisi selanjutnya…



Ketua Komite Astro Party 2009
M. Rayhan


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *