kegiatan

PRESS RELEASE – ASTRO PARTY 2009


Sabtu, 23 Mei 2009, pukul 10.00 s.d 16.00 WIB.
Ruang Au
ditorium Istituto Italiano di Cultura
Jln. H.O.S C
okroaminoto no: 117, Menteng, Jakarta Pusat

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melalui hasil Sidang Majelis Umum ke-62 tanggal 20 Desember 2007 telah menetapkan tahun 2009 sebagai Tahun Astronomi Internasional (IYA 2009, International Year of Astronomy) sekaligus, salah satunya, untuk memperingati 400 tahun penggunaan teleskop oleh Galileo Galilei untuk pertama kalinya di dunia Astronomi. Dalam hal ini UNESCO dan IAU (International Astronomical Union) ditunjuk sebagai koordinator kegiatan tersebut. Berdasarkan data dari IAU, lebih dari 135 negara di seluruh dunia telah menyatakan komitmennya untuk turut menyelenggarakan kegiatan tersebut. Sementara di Indonesia, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) ditunjuk sebagai koodinator pelaksanaan kegiatan secara nasional.


Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ), sebagai salah satu instrumen ke-astronomian di Indonesia, turut berpartisipasi dalam memeriahkan perayaan tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan yang bernama ASTRO PARTY 2009 dengan tema “Dedicated to 400 Years of Galileo’s First Telescopic Observations of The Cosmos and International Year of Astronomy 2009″. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama HAAJ dengan Institut Kebudayaan Italia (Istituto Italiano di Cultura) dan didukung oleh Kedutaan Besar Italia (Embassy of Italy), Planetarium dan Observatorium Jakarta, Observatorium Bosscha, Institut Tekhnologi Bandung dan Himpunan Astronomi Indonesia.



Kegiatan yang berbentuk Talkshow, Workshop, Pemutaran Film dan Pameran Astronomi ini diselenggarakan khusus bagi siswa-siswi dan guru SMA dan sederajat se-JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) dengan format undangan terbatas. Talkshow akan disampaikan dalam tiga sesi dengan tiga narasumber dan judul yang berbeda. Talkshow pertama akan disampaikan oleh Dr. Stefano Covino dari Brera Astronomical Observatory, Milan, dengan judul “A Revolution in an Eyepiece: the Influence of Galileo Galilei on Modern Science”, talkshow kedua oleh Dr. Hakim L. Malasan dari Observatorium Bosscha dengan judul “Progress in Optical Astronomical Instruments for Research and Education” dan talkshow ketiga oleh Premana W. Premadi, PhD. dari Program Studi Astronomi Institut Tekhnologi Bandung dengan judul “Why Should We Learn About Astronomy?.


Dengan mengusung tema memperingati 400 tahun penggunaan teleskop oleh Galileo Galilei untuk pertama kalinya di dunia Astronomi, workshop Astronomi yang akan diselenggarakan dalam kegiatan ini berupa workshop teleskop Galileo dan untuk pemutaran filmnya pun bertemakan 400 tahun teleskop Galileo. Sementara untuk Pameran Astronomi akan diisi oleh beberapa klub-klub astronomi sekolah yang akan memamerkan pernak-pernik astronomi berupa instrumentasi astronomi, alat peraga astronomi dll.



Acara ini dipersembahkan oleh:



Unt
uk Informasi lebih lanjut, hubungi:
M. Rayhan (Ketua Komite) : 081317566592
Nurdiansah (Sekretaris Komite) : 08888157076
Email resmi Astro Party 2009 : astroparty2009@yahoo.com





Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.