Intermezzo

OBROLAN UNIK SAAT LEBARAN


Moment Lebaran hari ke 2, tgl. 21 Sept., kebetulan bersamaan dengan ultahnya salah 1 anggota HAAJ Sang Surahiswara. Saat itu, adik saya ini sedang berada jauh di Jampang – Pelabuhan Ratu masih terus lagi. Selamat untuk adik ini. Di hari yang sama, seperti biasa Lebaran – sms di hp bolak balik harus dikosongkan. Namun, ada 1 yang sengaja saya simpan. Walau suasana Lebaran masih kental dan saat itu pun (jam 13-an) saya masih keliling Jakarta, ternyata ada siswa yang masih tidak bisa lepas dari obrolan seputar astronomy. Memang, walau sekedar iseng imajinatif – namun ada sisi romantisnya juga. Kerinduan tuk menikmati langit tetap jadi mainstreamnya, dan yang dibahas adalah situasi atau pemandangan langit malam saat itu yang terkait khususnya dengan rasi bintang.

————————————————————————————————————–

Berawal dari sms seorang siswa yang juga anggota HAAJ/FOSCA/FPA, tertulis apa adanya:

“AssWW. Pa, bisa ceritain ga sezarah kisah ttg kaitannya Eridanus dengan sungai Nil?”

Dan saya jawab:

“Waalaikumslm. Kalo skrg tentang sebaskom ketupat, sabar mpe abiz dulu ya .. hihi.”

Hahahahaha .. Ketupatnya bukan bjr sangkar ya pa, tapi layang-2 (Crux)! Pake opor Aries dan Cygnus! Asik deh.

Bgn Deneb disingkirin tuh. Aku lg nguber Aquarius – haus nih. Eh .. kpn nemenin Cetus di F1? Byar byur, asal ga ktemu Draco aja.

Skrg lg nemenin Orion dan Sirius-nya bwt serang balik grupnya Sco! Tp dia takut ujan katanya!

Siapa takut ujan?

Takut ntar klu Orion yang menang malah ujan! Kan Winter Triangle ^_^ Oya, udah ga bisa ya?

Kecepetan sebln nongolnya. Pancaroba beras ga numbuh. Logistik perang ga ada. Scorpio di mana2 skrg. Nyerbu barat, Matahari aja kabur tuh didorong Scorpio.

Hrsnya semua rasi muncul di tmp yang sama pd saat yang sama pak, sbg bukti mrk udah maaf2an. Tp ntar pd keringatan semua, kirain mau kiamat. Hehe ..

Makanya Sang Hakim Libra nengahin Sco dan Mthr skrg ini. Yang lain gantian muncul tuk ronda malem.

Hahahaha .. Hbt pak! Ntar ajarin ya kyk gitu! Ttg human and sky before century.

Sip. Crita bisa lahir dari langit dgn ragam versi & jaman. Ok.

SETUJU!!! HIDUP ASTRO! Jd males bljr sklh nih. Hehe ..

A.W.A.S.

————————————————————————————————————–

Sekedar info (posisi & waktu cumakisaran, tepatnya periksa sendiri)

Eridanus dI mitologi: gambaran Sungai Nil, Euphrates, dan Po. Wilayah rasi ini sangat panjang. Berawal dekat Orion di timur (bintang lambda Eridani – terbit jam 10:50 PM) sampai dekat puncak segitiga Hydrus dekat Kutub Langit Selatan. Bintang terterangnya Achernar terbit 6:50 PM.

CruxBintang layang-layang terbenam sekitar 7 PM.

Aries – Domba (bintang terangnya Sheratan dan Mesarthim terbit sekitar 7:30 PM).

Cygnus + bintang terangnya Deneb (dekat Draco) di utara terbenam 2 AM

Aquarius – Pemuda (Ganymede) Pembawa Air (bintang Sadal Melik transit 10 PM)

Cetus – Ikan Paus terbit 7:30 PM.

Draco – Naga Laut terbenam 11 PM.

Orion – Sang Pemburu (bintang terangnya Rigel terbit 11 PM).

SiriusBintang terang di Anjing Besar terbit 00:30 AM

ScorpioSaat ini di langit malam Jakarta tampak jelas.

Winter TriangleSegitiga Musim Dingin (Betelgeuse–Sirius–Procyon)

MatahariDi kepala Virgo. Jam 7 PM, Virgo hanya tampak bagian lutut (Tau Virginis, ufuk barat) sampai telapak kaki (109 Virginis 20 derajat di atas ufuk barat).

Libra – Timbangan, di depan Scorpio.


Salam WfG.

Saat tulisan ini jadi, 2 anggota HAAJ lagi sibuk ngamat Bulan. Memang indah adanya, langit bersih.

Rasi bintang dan bintang yang diobrolin di atas, dpt dilihat saat malam takbiran, malam itu, dan minggu ini masih. Tolong periksa jika ada waktu. Siang ber-maaf2-an, mlm mpe pagi silakan nikmati karuniaNya yang lain di langit. Wartya Wiyata Wicitra Withing Wintang Widik Widik.

Oya, tuk Wasistha Sang Perunggu, selamat ber-kontemplasi with your inner beauty. Tuk Sang Surahiswara dan Wawargita, nikmati keindahan karunia mudik bersama keluarga. Hati2 di jalan.

Tuk semua HAAJ/FOSCA/FPA/POLARIS: Selamat Idul Fitri 1430H. Mohon Maaf Lahir & Batin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.