Star Party

Star Party at LAPAN Tanjungsari Sumedang


10-11 Oktober ini HAAJ melaksanakan Star Party ke tiga. Berbeda dengan 2 star party sebelumnya, Star party ketiga di tahun ini dilaksanakan di tempat yangtidak biasa, bertempat di Stasiun Pengamatan Dirgantara (SPD) LAPAN Tanjungsari, Sumedang.Hanya 17 orang saja pengurus dan anggota yang ikut serta dalam star party ini.Dengan menggunakan angkutan umum dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 500m, akhirnya sampailah peserta starparty di lokasi yang dituju. Lokasi stasiun pengamatan ini berada di antara pemukiman penduduk yang cukup ramai, namun masih memiliki polusi cahaya yang tergolong rendah. Malam hari setelah makan malam, pak Bambang memperkenalkan stasiun pengamat dirgantara yang beliau pimpin. Lebih dari 30 tahun SPD LAPAN Tanjungsari beroperasi untuk menunjang kegiatan kedirgantaraan di Indonesia. Disini terdapat teleskop radio dengan 2 antena yang berfrekuensi berbeda akan beroperasi tahun depan. SPD LAPAN Tanjungsari terletak di desa Haurngombong, Pamulihan Sumedang Jawa Barat. Stasiun pengamat matahari ini diresmikanpada tanggal 13 Maret 1980, namun sudah berdiri sejak tahun 1971.Di Indonesia hanya ada 2 stasiun pengamatan matahari yaitu di daerah Tanjung Sari dan Watukosek, Jawa Timur. Kedua stasiun pengamatan tersebut dipergunakan untuk mengumpulkan dan mengolah data aktivitas matahari. Namun tidak hanya matahari yang diamati, kondisi medan magnet bumi dan ionosfer bumi ikut diambil datanya. Data yang didapatkan nantinya akan diteruskan ke LAPAN Bandung. Semua data hasil pengamatan di SPD LAPAN Tanjungsari ini dapat dimanfaatkan oleh bidang lain seperti pertanian dan monitoring polusi udara. Tidak hanya itu, SPD LAPAN Tanjungsari juga dapat dimanfaatkan bagi siwa sekolah untuk mengenal dunia Astronomi. Terbukti semakin banyaknya kunjungan sekolah yang datang setiap tahun.

 

 

Setelah mendengarkan pemaparan mengenai SPD LAPAN Tanjungsari, dilanjutkan dengan presentasi singkat yang dibawakan Pak Sungging yang memberikan presentasi singkat mengenai matahari. Walaupun semakin malam namun diskusi mengenai matahari semakin seru. Banyak hal yang ditanyakan oleh beberapa anggota HAAJ dan menjadi suatu diskusi yang menarik mengenai matahari dan SPD Lapan. Selesai diskusi, dilanjutkan dengan pengamatan malam, namun sayang langit tidak begitu bersahabat, awan tipis menyelimuti langit, namun masih ada beberapa obyek langit yang masih terlihat. Peserta star party kemudian dipandu untuk mengisi log book. Sambil menunggu dan berharap langit cerah, beberapa anggota berkumpul dan belajar untuk mengenal rasi dan bintang yang terdapat di dalam rasi tersebut dengan bantuan software komputer. Sebagian peserta yang lain mencoba memotret obyek langit yang ada dengan kamera digital yang dimiliki.

 

 

 

Hampir tengah malam kondisi langit tidak cerah, sedangkan kelembaban udara mencapai 97%. Kelembaban ini terlalu tinggi, sehingga diputuskan untuk tidak membuka teleskop yang telah dibawa sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga ‘keselamatan’ teleskop.

Walaupun langit tidak banyak menunjukan keindahannya namun kita masih melihat beberapa obyek langit, seperti bulan , jupiter, rasi Taurus, bahkan meteor. Kondisi langit ternyata tidak jauh berubah sampai sang matahari terbit.Cuaca pagi yang segar di desa Haurngombong tidak dilewatkan begitu saja oleh beberapa peserta star party. Menikmati udara desa dengan berjalan kaki, mencoba ubi cilembu yang berada di jalan Cilembu serta melihat sekilas tempat tanaman obat keluarga. Konon katanya bibit ubi cilembu yang asli dan enak hanya berada di tempat ini. Di dekat SPD LAPAN ini juga terdapat desa yang telah memanfaatkan biogas yang berasal dari kotoran sapi, untuk kebutuhan memasak masyarakat.

 

Pagi menjelang siang aktivitas peserta dimulai. Pak Bambang dan Pak Sungging menemani kami untuk berkeliling dan berkenalan dengan alat-alat yang terdapat di kawasan seluas 1,5ha. Peserta melihat berbagai alat-alat yang terdapat di dalam kawasan dan mendapat informasi yang banyak mengenai fungsi dan cara kerja beberapa alat yang ada.Tidak puas jika hanya mengunjungi tempat ini sekali saja, masih banyak ilmu yang akan didapatkan di SPD LAPAN Tanjung Sari. Tidak hanya matahari yang bisa kita pelajari disekitar SPD, kita juga dapat belajar manfaat tidak langsung dari adanya matahari. Buktinya kita bisa belajar bidang ilmu lain yang ternyata dapat terkait dengan matahari. Contohnya mungkin ubi cilembu yang ditanaman di daerah ini he3x….

(Berpose di depan Teleskop Radio)

(Pembukaan Star Party 3 di SPD LAPAN Tanjungsari, Sumedang)

(Berpose saat menghangatkan badan dengan api unggun)

 

klik link album dibawah ini untuk melihat Foto lebih banyak lagi :

Album

Album lainnya


1 Comment on Star Party at LAPAN Tanjungsari Sumedang

  1. kapan mampir lagi kecilembu…kapan2 (dari LAPAN)naik sedikit kearah gunung disana ada pangjugjugan tempat wisata alam yg dimiliki cilembu, cocok u/bulan madu..hehehe..ditunggu koment baliknya gan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *