Pertemuan Rutin

Report Pertemuan Rutin ke-3 HAAJ


PLANET-PLANET TATA SURYA
oleh Muhammad Rayhan

Setelah sukses menyelenggarakan 2 pertemuan awal tahunnya, HAAJ kembali mengadakan pertemuan rutin astronomi dengan tema ‘Planet-Planet Tata Surya’. Pertemuan yang ketiga di tahun 2010 ini dihadiri oleh 31 peserta yang terdiri dari mayoritas pelajar, mahasiswa, umum dan anak-anak.

Gambar 1: Presentasi dibawakan oleh saudara Rayhan

Materi kali ini membicarakan seputar Planet-planet tata surya dan dinamika fisisnya, termasuk juga didalamnya sejarah pembentukan dan masa depannya. Materi Planet-Planet Tata Surya ini sendiri merupakan bagian dari 4 rangkaian parsial “menu utama” Tata Surya yang idealnya menjadi bekal pengetahuan dasar bagi para astronom amatir. Bagian lain adalah Bumi sebagai Planet, yang sudah disajikan pada pertemuan sebelumnya; Penjelajah kecil di tata surya dan Matahari sebagai Bintang yang keduanya akan disajikan pada pertemuan-pertemuan mendatang.

Gambar 2: suasana berlangsungnya pertemuan rutin HAAJ

Pertemuan kali ini sedikit lebih istimewa dengan kehadiran beberapa ‘anggota lama’ HAAJ yang baru bergabung kembali setelah menyelesaikan studi SMA-nya.

Gambar 3: Foto bersama setelah pertemuan selesai

Pertemuan kali ini juga terasa lebih istimewa karena salah satu anggota termuda HAAJ, Dino, baru saja berulang tahun yang ke 13. Dino, didampingi Ibunya, merayakannya bersama peserta pertemuan dan memanjatkan doa agar bisa terus bersama di HAAJ.

Gambar 4: Dino saat meniup lilin ulang tahunnya 🙂


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *