Pertemuan Rutin

Report Pertemuan Rutin ke-6 Dwimingguan HAAJ


MATAHARI SEBAGAI BINTANG
Oleh: Gwyn Walesa

Pada tanggal 20 maret 2010 yang lalu, HAAJ kembali mengadakan pertemuan rutin yang ke-6 di tahun 2010 ini. Dalam pertemuan tersebut, tema yang dibahas adalah “Matahari Sebagai Bintang”, sebagai lanjutan edisi pembahasan Tata Surya yang menjadi pengetahuan dasar bagi para astronom amatir.

Gambar 1. Presentasi yang dibawakan oleh Gywn Walesa.

Materi pertemuan kali ini dibawakan oleh anggota HAAJ, Gwyn Walesa, yang baru pertama kali menjadi pembicara di tahun 2010 ini. Selain menjadi anggota HAAJ, beliau juga menjadi ketua dari forum pelajar FOSCA.

Gambar 2. Suasana pertemuan rutin yang dibanjiri oleh peserta.

Pada pertemuan yang dihadiri oleh lebih dari 80 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan dan tingkatan usia tersebut dibicarakan berbagai fakta mengenai matahari, baik sebagai bintang, maupun sebagai kepala “Rumah Tangga” Tata Surya. Sejarah pembentukan, evolusi dan pengaruhnya terhadap kehidupan bumi juga tidak luput dari pembicara sebagai bahan diskusi yang sangat menarik untuk diperbincangkan.

Gambar 3. Salah satu peserta yang bertanya saat sesi tanya jawab.

Materi pertemuan kali ini juga semakin berkembang dengan banyaknya pertanyaan peserta yang secara sangat santai dilontarkan oleh peserta namun secara jenius cukup merepotkan pembicara untuk menjawabnya. Hingga malam semakin larut, pertanyaan tidak henti-hentinya dilontarkan dan pada akhirnya harus diakhiri pada pukul 20.30 WIB. Karena buruknya cuaca Jakarta, pengamatan malam yang sedianya dilakukan setelah pertemuan rutin selesai, kembali harus dibatalkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *