Pertemuan Rutin

Report Pertemuan Rutin Ke-8 HAAJ


Workshop Miniatur Astronomi
oleh Tersia Marsiano

Pada sabtu, tanggal 17 April yang lalu, HAAJ kembali mengadakan pertemuan rutin dwi mingguan edisi ke-8 tahun 2010. Berbeda dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya yang cenderung berisi ceramah dan diskusi, pertemuan kali ini agak sedikit berbeda dengan menghadirkan workshop pembuatan miniatur astronomi.

Gambar 1: Suasana saat pertemuan rutin berlangsung.

Pertemuan kali ini dibawakan oleh ketua HAAJ, Bpk. Tersia Marsiano yang saat bertugas menggunakan program Corel Draw Graphic Suite 12 sebagai contoh untuk mendemokan cara bagaimana membuat sebuah desain model pola.

Gambar 2: Kegiatan gunting-menggunting dalam pembuatan miniatur oleh para peserta pertemuan.

Pertemuan kali ini dihadiri oleh total 41 peserta, dan berbeda pula dari pertemuan sebelumnya, agak lebih majemuk dan meriah dengan banyaknya peserta yang berasal dari sebuah keluarga, lengkap dengan anggota-anggota juniornya.

Gambar 3: Pertemuan kali ini juga banyak diikuti oleh peserta yang berasal dari satu keluarga.

Gambar 4: Selain itu, kehadiran anak-anak yang mengikuti pertemuan membuat suasana semakin meriah.

Selain peserta diberikan penjelasan mengenai bagaimana cara membuat desain pola, para peserta juga langsung diberikan tugas untuk membuat sendiri miniatur astronomi mereka. Total ada 4 jenis contoh paper model yang panitia siapkan, pertama Paper Model teleskop ruang angkasa Hubble, Paper Model Space Shuttle Colombia, dan dua buah jenis Teleskop Radio Alma Model buatan Astronomi Jepang.

Gambar 5: Beberapa contoh hasil miniatur yang sudah selesai dibuat

Gambar 6: Kegiatan peneropongan malam sesaat setelah pertemuan rutin selesai.

Pertemuan selesai pukul 20.30 malam, dan karena kondisi langit jakarta cukup cerah, maka acara pun dilanjutkan dengan peneropongan benda-benda langit seperti Planet Saturnus, Mars dan Nebula Orion dan beberapa bintang terang lainnya. Selain itu, diberikan himbauan juga kepada para peserta untuk kiranya bersiapsiap untuk mengamati fenomena astronomi Lyrid Shower yang akan mengalami puncaknya pada tanggal 21 April 2010, tepat pada saat HAAJ berulang tahun yang ke-26.

Salam.
PJ. Pertemuan Rutin


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *