Event HAAJ

International Observe the Moon Night


International Observe the Moon Night (InOMN), merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengenal lebih dekat serta mengeksplorasi lebih jauh dengan salah satu tetangga Bumi kita yaitu Bulan. Bulan yang selama ini selalu kita pandang dari Bumi, ternyata masih banyak mengandung misteri-misteri yang belum terungkapkan secara keseluruhan. Oleh karena itu, misi dari kegiatan ini adalah mengajak para komunitas astronomi di dunia baik amatir maupun professional khususnya mengajak masyarakat umum untuk mengenal lebih dekat dengan satelit Bumi kita.

Sampai saat ini, sudah ada sekitar 100-an lebih institusi maupun komunitas yang telah bergabung dan turut berpartisipasi dengan menyelenggarakan kegiatan keastronomi-an. Sebagai contohnya di Indonesia saat ini sudah terdaftar 3 komunitas astronomi (HAAJ, JAC, dan langitselatan) dan 1 institusi yaitu Planetarium Tenggarong – Kalimantan. (list kegiatan selebihnya bisa dilihat di http://observethemoonnight.org/getInvolved/eDescriptions.cfm)

Secara serempak, kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 18 September 2010 dengan waktu pelaksanaan yang tidak ditetapkan. Dan khusus untuk HAAJ kegiatan yang diselenggarakan berupa pemberian materi astronomi, pemutaran film, dan pengamatan serta pemotretan Bulan.

Informasi lebih jelas mengenai event ini dapat dilihat di http://observethemoonnight.org

salam
Sang Petualang Semesta


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *