Uncategorized

Lomba Cepat Tepat Astronomi


LOMBA CEPAT TEPAT ASTRONOMI
dalam rangka
PEKAN ANTARIKSA DUNIA 2010

Pada tanggal 1 dan 4 Oktober 2010 Himpunan Astronomi Amatir Jakarta mengadakan lomba cepat tepat astronomi yang diselenggarakan sebagai partisipasi perayaan Pekan Antariksa Dunia yang dirayakan setiap tahun di seluruh penjuru dunia dan sebagai perwujudan dari resolusi PBB tahun 2000 tentang perayaan Pekan Antariksa Dunia.

Gambar 1. Para Pendaftar Penyisihan Lomba Cepat Tepat Astronomi

Pelaksanaan lomba kali ini sendiri merupakan yang ketiga kali setelah sebelumnya telah berhasil diselenggarakan pada tahun 2002 dan 2007. Seperti pada penyelenggaraan sebelumnya peserta lomba PAJ kali ini berasal dari kalangan siswa-siswi SMA Negeri se-Jakarta.

Lomba PAJ sendiri diselenggarakan dalam dua babak, banyak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan yang dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2010 terdapat 57 peserta dari berbagai sekolah yang mengikuti babak penyisihan berupa tes teori. Dari babak penyisihan ini disaring sebanyak 21 peserta yang akan mengikuti babak final.

Gambar 2. Para Peserta saat mengikuti penyisihan lomba di ruang teater bintang Planetarium Jakarta.

Pada babak final yang diselenggarakan pada hari senin tanggal 4 Oktober 2010 ke 21 peserta mendapatkan empat sesi test berupa, sesi test teori, observasi, pengolahan data, dan simulasi langit. Semua test berjalan dengan lancar kecuali test observasi yang ditiadakan karena langit tidak memungkinkan.

Gambar 3. Para Finalis saat mengikuti tes teori di ruang Multi Media Planetarium Jakarta.

Gambar 4. Para Finalis saat mengikuti sesi pra-observasi untuk pengenalan alat pengamatan di ruang Multi Media Planetarium Jakarta.

Gambar 5. Para Finalis diberikan pengarahan tentang kondisi langit yang tidak memungkinkan dan menyebabkan dibatalkannya sesi tes observasi.

Gambar 6. Salah satu peserta saat sesi test pengolahan data.

Gambar 7. Para peserta saat mengikuti sesi tes simulasi yang dilakukan di ruang teater bintang.

Dari seluruh kegiatan lomba ini diambil 5 peserta yang menempati posisi juara 1, juara 2, juara 3, juara harapan 1, dan juara harapan 2. Hadiah untuk para juara diberikan pada hari terakhir penyelenggaraan seminar dan workshop astronomi dalam rangka Pekan Antariksa Dunia 2010, Kamis, 7 oktober 2010 di Planetarium dan Observatorium Jakarta.


1 Comment on Lomba Cepat Tepat Astronomi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *