Pertemuan Rutin

Report Pertemuan ke 22, Astrobiologi


ASTROBIOLOGI
09 Oktober 2010
oleh Lita Lestari
Pertemuan rutin HAAJ ke-22 kali ini diisi oleh materi astrobiologi dengan pemateri Sdri. Lita Lestari Utami. Pertemuan yang dihadiri oleh 45 peserta ini membahas mengenai kaitannya antara ilmu astronomi dan ilmu biologi dalam hal pencarian makhluk hidup di jagat raya kita. pertemuan ini dimoderatori oleh Bapak Widya Sawitar, selaku pembina HAAJ.

Gambar 1: peserta yang hadir di pertemuan HAAJ ke 22 ada sekitar 45 peserta

Materi kali ini dimulai dengan pemaparan singkat mengenai kosmologi, lalu dilanjutkan kedalam ranah keilmuan biologi, yang mendasari ilmu astrobiologi ini. Pemateri juga menjelaskan bahwa astrobiologi mempelajari tentang kehidupan dalam konteks alam semesta. Dan penjelasan penciptaan awal alam semestsa hingga pencarian kehidupan di luar bumi (Exobiologi).
Gambar 2: Narasumber(kanan) Lita Lestari yang membawakan materi Astrobiologi dan di Moderatori (kiri) oleh pak Widya Sawitar

Ini adalah suasana di mana pertemuan sedang berlangsung, di mana mereka sedang menanyakan tentang hal yang ingin mereka ketahui dari materi ini.

Gambar 3: Peserta yang bertanya mengenai ruang lingkup Astrobiologi cukup banyak dan antusias

Pertemuan kali ini dilanjutkan dengan pengamatan malam karena malam itu langit sangat mendukung untuk pengamatan dengan objek jupiter.

Gambar 4: Selesai materi para peserta mengamat langit dengan objek Jupiter


1 Comment on Report Pertemuan ke 22, Astrobiologi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *