Pertemuan Rutin

Report Pertemuan ke 27: Sistem Kalender


Sistem Kalender
18 Desember 2010
oleh Mutoha Arkanudin

Pertemuan rutin kali ini adalah pertemuan terakhir di tahun 2010. pada pertemuan kali ini membahas materi tentang sistem kalender. Berbeda dengan pertemuan-pertemuan biasanya, pada pertemuan kali ini HAAJ mengundang pemateri tamu dari teman sesama astronom amatir di jogjakarta, Jogja Astro Club. Ketua JAC, Bapak Drs. Mutoha Arkanuddin kami undang untuk mengisi materi tentang sistem kalender.
Gambar 1: Bapak Drs. Mutoha Arkanuddin

Pertemuan kali ini dihadiri oleh lebih dari 40 peserta yang terdiri dari siswa, mahasiswa dan umum. Tidak seperti pertemuan sebelumnya pula, pertemuan kali ini dilakukan di lobi pintu masuk ruang pertunjukan, karena ruang Multi Media yang biasa digunakan untuk pertemuan rutin sedang di renovasi oleh pihak Planetarium Jakarta.
Gambar 2: Suasana pertemuan rutin.

Pada pertemuan kali ini, pemateri menjelaskan berbagai hal mengenai sistem kalender yang di pakai oleh manusia termasuk seluk beluk sejarah dan perhitungannya. selain itu, pemateri juga menjelaskan seputar kontroversi tahunan mengenai perbedaan awal puasa dan hari raya idul fitri.

Gambar 4: Salah seorang peserta saat sesi tanya jawab.
Gambar 5: Suasana saat sesi tanya jawab berlangsung.

Gambar 6: Bpk. Widya Sawitar, selaku pembina HAAJ saat menutup acara pertemuan rutin.

Acara pertemuan rutin ini ditutup oleh Bpk. Widya Sawitar, selaku pembina HAAJ, yang memberikan wejangan-wejangan segalikus kata penutup yang menutup seluruh rangkaian pertemuan rutin selama tahun 2010 ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *