Intermezzo

RERASAN DARI SANG TERTOLAK TUK ADIK2 HAAJ KELAS XII



Beberapa jam lagi sobat2 muda HAAJ, FPA, FOSCA yg kls XII akan “menikmati” 1 langkah ke dpn demi asa akan hadirnya masa dpn yg bahagia. Agar tdk stress, gunakan wkt luang sesedikit apapun tuk berdoa & me-refresh diri dgn OR (senam) & selingi tuk mengangkat tangan tinggi2 sambil tarik nafas dlm2 lalu turunin sambil buang nafas pelan2. Nikmati, jgn kayak dikejar macan. Atau jalan2 skitar rmh, liat2 roda khidupan & seringlah katakan “betapa bersyukur kita dgn sgala yang pernah didapat”, atau ke taman yang intinya cari lokasi dkt rmh yang menyegarkan mata, pikiran, & jiwa (jangan ke-lama-an mpe lupa pulang .. hihi). Atau diseling denger musik yang sangat kalem. Nah – jadi …

Met belajar tuk sobat muda.

“Belajarlah demi belajar itu sendiri”.

Asa ke depan adalah sekedar keinginan.

Ingat, tiap orang punya gerbang masing2.

Pusing sekarang gak masalah, drpd mumet nantinya.

Met berjuang dlm menempuh ujian lokal, ujian nasional, (& ujian perguruan tinggi).


Kalau niat ke Perguruan Tinggi, pilih mulai skrg. Jgn spekulasi. Bgegas cari info & diskusi. Jgn sungkan tanya ortu/kakak. Bila lulus UN dan nanti lolos ke PT, Ingat!, yang blm dpt rizki tsb amat banyak. Bisa karena tdk ada dana tapi blm tentu tdk mampu berprestasi. Atau sebab lain.

Bila tdk lolos dlm ujian ke PT, itu bukan akhir segalanya. Justru ambil sbg langkah awal kembali, tentu dgn bekal introspeksi diri & hanya adik2 yg tahu. Mungkin justru langsung bkerja. Tdk lagi bmanja dengan dana dari ortu/kakak. Stelah menabung, baru sekolah lagi. Salut untuk adik2 yang seperti ini. Yang Di Atas memberi apa yang kita butuh, bukan yang kita mau.

Ingat juga, Bila lolos ke 2 atau lebih PT, berarti sebenarnya ada 2 atau lbh mahasiswa (termsk anda) yang dpt menikmati masa mahasiswa. Jangan sampai bangku tbuang justru krn sbuah ke-ragu2an & momen ini tak bisa diulang/terulang. Hilanglah ksempatan 1 atau lbh sobat kita tuk mnikmati masa itu.

Kelak bagi adik2 yg bkesempatan duduk di PT, ingatlah tuk mbimbing adik2 anda. Tetap bina silaturahmi dgn sobat2 lama. Jgn karena sdh dapat “dunia” baru, lupa asal – kacang lupa kulitnya. Kecuali adik2 bsifat cepat bosan – sekarang bilang butuh, nanti bilang ga butuh – laksana “habis manis, sepah dibuang”, gampang “be-te”, tmsk pd empati adik2 sendiri & jgn bilang anda tdk ada wkt utk hal silaturahmi seperti ini. Saling mengunjungi termasuk di kala liburan, menjadi ajang yang sangat positif. Janganlah merasa bisa hidup sendirian dalam menempuh itu semua. Tiada persahabatan terbangun tanpa suka duka, tanpa tatap muka & saling kunjung. Selama mahasiswa, belajarlah menghadapi sahabat2 beraneka usia – profesi – latar belakang pendidikan & budaya. Jangan seperti katak dalam tempurung demi ego semata, apalagi bersombong diri karena “mahasiswa”. Belajarlah tuk mandiri, namun ingat – mandiri bukan berarti tidak butuh orang lain (maaf, kalau kita mati – siapa yang mandi-in & makam-in kita?).

Smoga bacaan di bwh jg bguna skecil apapun buat persiapan “langkah ptama ke gerbang cita2”. Skedar uneg2, belajar bukan melulu bljr kurikulum sklh, mengejar nilai, mengejar titel, apalagi skedar gengsi atau kejengahan. Sering pd akhir platihan, saya bilang ke pserta bahwa saya tdk mau pusing apakah siswa dpt medali atau tdk, krn itu adalah ke”niscaya”an. Yg penting impresi kbersamaan scr horizontal vertikal dlm proses bljr takkan pernah sirna & jangan sekalipun disirnakan. Saya juga cuplik dari diary Sc.Camp 2009 tuk “bljr menangkap laut” yg tenang & indah, psembahan tuk Wawargita dan Wasistha:

Laut tidak selalu tenang,

Tiap insan punya pantai tuk pergi dan mendarat.

Lautan hikmah siap menjadi hidangan batin,

dan sezarah saja kasih-Nya,

sudah cukup tuk mengarungi gelora badai sedahsyat apapun.

Teringatlah kepada seorang sobat muda Sang Perunggu ketika adzan Maghrib berkumandang dan bersiap kembali ke keramaian Science Camp.

I hope, until my last ammunition.

Not a promise physically, but I will do with my deepest innerheart, indeed.

Bila kesunyian malam dapat diajak menari dan bernyanyi,

kumohon pada-Nya,

agar itu senantiasa dapat menjadi pelipur laraku,

dan jawaban ‘kan segala kerinduanku.

Dan kembali saya tulis ulang tuk sobat muda Riser Fahdiran mjelang keberangkatannya menuju S3 Fisika-nya di negara pembuat mobil “VW” (The Art of Education):

The art of education is to continue to grow as long as you live.

Every moment brings its lesson. Every person is a teacher.

Grow in all directions.

Develop a desire for goodness, an eagerness for knowledge,

a c-a-p-a-c-i-t-y for friendship,

an appreciation of beauty,

a c-o-n-c-e-r-n for others.

GROW!

Man is never finished. Man never arrives.

Education never stops.

Jg impresi/refleksi masa SMA dgn seorang sahabat. Bukan skdr tuk bljr bsama, tapi pshbtan keluarga dlm mengarungi suka duka hingga kini yg tlah blangsung 29 thn. Bsama merajut mimpi astronomi dgn cara yang ekstrim–beda. Saya ulang ini thn 2007 tuk Sang Surahiswara (ultah 17) & Ratibawana (25)


TIME

Begitu banyak peristiwa yang membuat kita tergelak dalam tawa,

tersenyum, prihatin, sedih, bahkan terbungkam seribu bahasa.

Kaset ini merupakan satu produk jiwa, pengalaman bathin.

Kaset ini menjadi satu media yang tak terlupakan,

ia bisa jauh di belakang,

ia bisa hadir kini dalam alun waktu keseharian,

tetapi ia dapat menentukan

apa yang harus terjadi di masa datang.

(27 – 29 Januari 1990)


Sebaik-baiknya orang adalah orang yang berguna bagi orang lain.

Kembali ke sobat muda kelas XII,

pergunakanlah malam2 hening tuk sjenak berkontemplasi. Ingatlah perjalanan anda slama masa SMA.

Apa yg tlah anda beri ke ortu? Bljr demi mereka? Demi empati anda? Demi cita2 & asa? Demi rasa malu dan jengah? Demi gengsi?

Atau “demi”-kianlah adanya, krn anda tdk tahu anda ada di mana dan mau ke mana? Maka, langkah berikutnya pun di jenjang yg lebih tinggi jangan kaget bila memori keraguan akan muncul. Andai di ½ jalan pun akhirnya kerasan, moga2 bukan karena sebuah keterpaksaan (jangan sampai: “abiz mau ngapain lagi?”).

Pun dalam persahabatan, janganlah takut dekat hanya karena takut kehilangan. Kita semua akan kehilangan sahabat. Percayalah!! Niscaya!! Lha kalo kita dipanggil olehNya? Demikian pula cita2, keinginan, dsb. Habis pada saatnya nanti. Namun, bila belum waktunya – janganlah kita yang “menghabisinya”.

Ok, .. Sekali lagi met belajar & met berjuang,

Dan dari 1 sisi saja dari ratusan asa yg ingin diungkap:

Berilah yg terbaik tuk orang tua demi Yg Di Atas & mintalah ke Yg Di Atas – yg terbaik tuk mereka.


Salam WfG

Jakarta, 14 Maret 2011.

T ksh tuk adik2 yg sangat saya sayang dan cintai khususnya Adly, Arreza, Adel, Erika (yg nekat ikut SP1). Karena adik2-lah tulisan ini dibuat. Kalian senantiasa mengisi spirit saya, adik2lah yg akhirnya justru jd pagar spirit, the true spirit soulmate dlm mengemban ranah ke-astronomi-an yg seolah tanpa tepi dgn ranting laksana lengan2 gurita yg ujungnya sirna ditelan ufuk. My very great longing for all of you & someone in the dark which swallowed up by the time.

Smoga prestasi adik2 senantiasa jauh di depan saya seperti yang sudah2. Komitmen kalian ckp bagi saya dgn lapang dada tuk mlangkah mundur. Raih & bukalah gerbang pengetahuan sesuai asa yang mengiring tarikan nafas adik2.

Skali lagi, ikhlaslah bljr demi Yg Di Atas. Niscaya ktenangan akan slalu bserta adik2. Serahkan ke Yg Di Atas, gerbang mana yg akan dibuka. Oya, ada 1 adik yg sama2 dgn kalian yg juga berada di padang Kurusetra, tulisan inipun saya persembahkan khusus untuknya, sobat kalian juga – Sang Wawargita.

Teringat sebuah syair lagu dalam lomba paduan suara semasa di PSM ITB “.. Hujan badai reda sudah, langit menjadi cerah, lazuardi membentang indah serta megah .. “ (smoga gak slh inget, ilang partiturnya. Hallo Adis, barangkali bisa cariin “Pelangi” di PSM). Smoga, kemegahan itulah yg nantinya adik2 raih.

Tuk HAAJ, maaf baru nulis lagi .. yg ternyata inipun walau me-refresh artikel tahun lalu – tokh butuh 5 hari tuk nuntasinnya. Tentang artikel astro, maaf juga – penyemangat tuk buatnya lagi raib.

– – – – – – – – – –



1 Comment on RERASAN DARI SANG TERTOLAK TUK ADIK2 HAAJ KELAS XII

  1. Anonymous

    Uda dapet nasihat dan support dari pak widya harusnya lebih bersemangat plus bertanggung jawab sama setiap pilihannya yah….

    Buat anak kelas 3 nya selamat berjuang ya.. Semoga kalian mendapatkan apa yang memang harus kalian dapetin di akhir perjuangan kalian di jenjang sma ini….

    Semoga Berhasil… ^^

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.