Pertemuan Rutin

Report Pertemuan Rutin ke-7 & "Lord of The Ring – Saturn" dalam rangka GAM 2011


Galaksi Bima Sakti
oleh Annisa Noorhidayati

Gambar 1. Pemateri saat memberikan presentasinya.

Himpunan Astronomi Amatir Jakarta kembali mengadakan kegiatan pertemuan rutin dwi mingguan yang ke-7 pada tanggal 2 april 2011. Materi yang dibahas kali ini adalah Galaksi Bima Sakti. Setelah beberapa pertemuan sebelumnya membahas tentang Sistem Tata Surya, sebagai bagian dari ‘rumah surya’ kita, pertemuan kali ini membahas tentang sebuah sistem yang lebih besar lagi, yang matahari dan sistem tata surya kita, bersama bintang-bintang dan sistem ekstra surya lainnya, berevolusi mengelilingi pusat massanya, yaitu Galaksi.

Gambar 2. Suasana saat pertemuan rutin berlangsung.

Pemateri membahas berbagai macam fakta berkaitan dengan galaksi kita, bima sakti. Mulai dari letak posisi kita, dinamikanya terhadap sistem inti galaksi, interaksi antar bintang sampai parameter fisis yang dimiliki oleh galaksi bima sakti. Pemateri juga membahas tentang Galaksi secara keseluruhan, mulai dari macam-macam galaksi, tipe-tipenya dalam astronomi hingga riwayat sebuah galaksi dari mulai pembentukannya saat awal alam semesta hingga prediksi akhir kehidupannya yang ditentukan oleh tabrakan dahsyat antar galaksi atau bahkan masa depannya yang berada pada keberadaan sebuah benda maha dahsyat di dalam pusat massa galaksi.

Gambar 3. Seremonial kecil untuk sang sahabat terbesar.

Pertemuan kali ini dihadiri oleh 36 peserta yang terdiri dari siswa, mahasiswa dan umum. Pertemuan kali ini terasa lebih spesial dari biasanya, terutama bagi para pengurus HAAJ karena bertepatan dengan hari kelahiran mantan Ketua HAAJ kami yang tercinta, Alm. Tersia Marsiano. Mas Yan, begitulah almarhum akrab kami sapa, berulang tahun yang ke 33 dan untuk itulah kami mengundang secara khusus Istri beliau, Ibu Suharti untuk sama-sama mendoakan dan mengingat pesan-pesan almarhum bersama-sama. Ibu Suharti, yang secara akrab kami panggil Mbak Ati, juga merupakan teman kami semua di HAAJ dan sudah cukup lama berkenalan sebelum beliau menikah dengan almarhum. Sebelum lilin pada kue ulang tahun ditiup dan memanjatkan doa, beberapa senior HAAJ memberikan kesan-kesannya terhadap almarhum dan menyampaikan beberapa pesan yang pernah almarhum sampaikan tentang HAAJ dan astronomi Indonesia secara umum.

Gambar 4. Saturn Watch dalam rangka Global Astronomy Month

Setelah pertemuan selesai, acara dilanjutkan dengan peneropongan bintang, karena langit malam itu memang memungkinkan untuk pengamatan. Namun peneropongan bintang kali ini terasa berbeda dari biasanya karena tepat malam itu adalah malam peneropongan Planet Saturnus yang dilakukan secara serentak di seluruh dunia sebagai bagian dari kampanye Lord of The Rings, Saturn Watch yang jatuh pada tanggal 2-3 april 2011. Kampanye ini juga merupakan kampanye dari event yang lebih besar, yaitu Bulan Astronomi Global 2011 (Global Astronomy Month, GAM 2011) yang jatuh sepanjang bulan april.

Gambar 5. Suasana saat peneropongan berlangsung.

Peneropongan berlangsung hingga pagi hari di dak planetarium lantai 2, secara umum kegiatan berjalan dengan baik.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *