Uncategorized

Report Pertemuan Rutin Ke-8 – Ekstra Solar Planet


Ekstra Solar Planet
oleh: Adisetyo Panduwirawan

Gambar 1. Sdr. Adis saat mempresentasikan materinya.

Sabtu, 16 April 2011, Himpunan Astronomi Amatir Jakarta kembali mengadakan pertemuan rutin. Pertemuan ke 8 dari total 27 pertemuan rutin ini seperti biasa dilakukan di ruang kelas Planetarium Jakarta, jln. Cikini Raya no 73. Pada pertemuan kali ini dibahas materi tentang Ekstra Solar Planet yang disampaikan oleh anggota HAAJ, Adisetyo Panduwirawan.

Gambar 2. Suasana saat pertemuan berlangsung.

Dalam presentasinya, pemateri menjelaskan perihal awal mula sebuah Tata Surya seperti tata surya kita tercipta. Dari sana diketahui bahwa seperti matahari, bintang-bintang lainnya pun memiliki kemungkinan adanya sebuah sistem keplanetan yang berada di wilayah gravitasinya. Hal itulah yang membuat astronomi salah satunya membahas tentang keberadaan sistem keplanetan di luar matahari.

Gambar 3. Peserta saat sesi pertanyaan.

Pemateri juga menjelaskan tentang perkembangan terbaru dari berbagai penemuan yang telah dilakukan dan juga menjelaskan tentang berbagai macam cara dan metode dalam penelitian ekstra solar planet.

Gambar 4. Suasana saat pengamatan malam berlangsung.

Pertemuan kali ini dihadiri oleh 28 peserta yang terdiri dari siswa, mahasiswa, anak-anak dan masyarakat umum. Setelah pertemuan berlangsung, diadakan pengamatan umum dengan objek berupa Bulan dan Planet Saturnus. Secara umum, pertemuan berjalan dengan baik.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *