kegiatan

HAAJ di Akhir Puasa Ramadhan


Selasa, 30 Agustus 2011

Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ), mengadakan acara buka puasa bersama di akhir Bulan Ramadhan.
Buka puasa yang dilaksanakan di Gedung Planetarium Jakarta ini merupakan wujud syukur kami (keluarga besar HAAJ) di bulan yang penuh berkah sekaligus bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi kami dengan karyawan Planetarium Jakarta.
Tidak hanya di tahun ini, namun kegiatan tersebut telah dilaksanakan di setiap tahunnya dan telah menjadi kegiatan yang wajib dilaksanakan di bulan suci ramadhan.

Para pengurus berkumpul di Planetarium Jakarta pukul 11.00 WIB. Setelah melakukan diskusi untuk persiapan buka puasa dan pembelian sembako, kami semua membagi tugas untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan.
Sebagian membeli bahan makanan untuk persiapan buka puasa, dan yang lain membeli bahan sembako yang nantinya akan diberikan untuk karyawan planetarium sebagai persediaan bahan makanan.
Butuh waktu 1,5 jam untuk kami berbelanja bahan-bahan makanan yang kami perlukan. Pukul 17.00 WIB kami semua sudah kembali di planetarium dan menyiapkan hidangan buka puasa.

Ta’jil sudah siap, dan kami beserta karyawan planetarium buka puasa bersama saat adzan maghrib dikumandangkan. Kenikmatan yang luar biasa terpancar dari wajah kami saat bisa merasakan buka puasa dengan suasana kekerabatan seperti itu di akhir bulan ramadhan.
Walaupun berbuka seadanya, namun suasana seperti ini bisa membuat kami merasakan keberkahan yang luar biasa.
Suasana saat buka puasa bersama
Setelah berbuka puasa dan melaksanakan sholat maghrib berjama’ah, para pengurus HAAJ sedikit melakukan diskusi kecil mengenai pro dan kontra jatuhnya 1 Syawal.
Bukan perbedaan jatuhnya hari tersebut, namun kami lebih membahas mengenai terlihatnya hilal berdasarkan ilmu pengetahuan yang kami ketahui melalui pembelajaran Astronomi.
Selain berdiskusi, kami juga mengadakan ritual kecil untuk menyicipi buah durian yang kami beli saat berbelanja. Dan ternyata para pengurus HAAJ tidak lain dan tidak bukan merupakan “Durian Holic” yang cukup frontal saat melihat buah durian ada di depan mata. Hihihi.
Pukul 21.30 WIB, kami memberikan sembako kepada karyawan planetarium. “Terima kasih bapak-bapak yang selama ini sudah banyak membantu HAAJ. Semoga kita tetap dalam kebersamaan dalam ikatan keluarga. Dan semoga jasa bapak kepada planetarium dan HAAJ mendapat balasan dan pahala dari Allah SWT. Amin.”

  Pemberian bingkisan secara simbolis oleh Indra Firdaus (HAAJ) kepada Pak Gunawan (Planetarium)
Setelah memberikan sembako, kami semua bergegas pulang karena hari sudah mulai larut malam. Sebelum pulang, kami berfoto terlebih dahulu di depan kantor planetarium.
Foto bersama di depan kantor planetarium
Kami selaku Keluarga Besar Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) mengucapkan..
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1432 H
MINAL AIDIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
Semoga di Bulan Ramadhan tahun depan kita dapat dipertemukan kembali dalam ikatan keluarga besar HAAJ dan Planetarium Jakarta yang semakin erat. Amin.
-Salam HAAJ

1 Comment on HAAJ di Akhir Puasa Ramadhan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.