Astronomy News

Report Seminar Pendidikan Himpunan Astronomi Indonesia (HAI)


Pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2011, tim Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) menghadiri Seminar 60th Pendidikan Astronomi dan Seminar Himpunan Astronomi Indonesia (HAI) yang diselenggarakan di Gedung Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB). Acara Seminar HAI ini merupakan seminar yang diselenggarakan dwitahunan. Tahun 2009 lalu seminar ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Tahun Astronomi Internasional.
Acara seminar pendidikan astronomi tanggal 26 November ini dibuka oleh Bapak Dr. Moedji Raharto selaku Ketua Kelompok Keahlian Astronomi FMIPA-ITB. Turut hadir juga rektor ITB, Prof. Akhmaloka, Ph.D. dan Director International Astronmical Union (IAU), Dr. Kevin Govender yang mengisi presentasi di acara tersebut. Tidak hanya itu, pada seminar tersebut juga dihadiri oleh beberapa Astronom yang juga sebagai pengajar di FMIPA ITB. Para peserta juga dihadiri oleh pecinta-pecinta Astronomi serta guru-guru yang berasal dari berbagai daerah.
Pada seminar 60th Pendidikan Astronomi, serangkaian acara diisi dengan beberapa presentasi terkait dengan pembahasan mengenai pendidikan astronomi yang ada dan berkembang saat ini dan berbagai misi dalam mengembangkan pendidikan astronomi itu sendiri di masa yang akan datang. Diskusi yang juga salah satu bagian dari serangkaian acara tersebut mengundang banyak pro dan kontra mengenai pendidikan astronomi untuk dimasukkan ke dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah. “Astronomi merupakan cikal bakal lahirnya ilmu-ilmu lain yang kita kenal saat ini. Namun perlu diberi pembelajaran yang lebih mengenai ilmu astronomi itu sendiri agar para siswa dapat lebih memahaminya.” Hal ini juga didasarkan atas masuknya ilmu astronomi ke dalam salah satu mata pelajaran yang diuji pada Olimpiade Sains Nasional (OSN). Pembicaraan mengenai masuknya ilmu astronomi kedalam mata pelajaran di sekolah ini juga dibahas dalam sesi diskusi pada hari itu.

Rayhan sedang mengungkapkan pendapatnya pada sesi diskusi

Di hari kedua pada tanggal 27 November, tepatnya dalam acara seminar Himpunan Astronomi Indonesia (HAI), serangkaian acara diisi dengan berbagai presentasi menarik mengenai ilmu-ilmu astronomi yang sedang berkembang saat ini dan berbagai riset dari astronom-astronom se-Indonesia. Pemberian materi presentasi dibagi dalam 2 kelas paralel yang disajikan secara bersamaan. Berbagai perkembangan riset yang telah dilakukan oleh para astronom juga para mahasiswa Program Studi Astronomi-ITB dipresentasikan pada acara tersebut. Tidak hanya riset, namun juga diisi oleh berbagai komunitas yang juga turut serta dalam mengembangkan ilmu Astronomi kepada masyarakat. Setelah sesi presentasi usai, acara dilanjutkan dengan pameran poster mengenai riset-riset yang telah dilakukan, serta pameran roket-roket air.

Satu kebanggaan tersendiri untuk HAAJ, karena berkat jasa dan kepiawaian salah satu panutan kami, Alm. Tersia Marsiano, nama beliau diabadikan untuk salah satu peluncur roket air yang juga di-desain olehnya dengan nama Marsiano Launcher. Semoga ilmu dan jasanya akan terus dikenang oleh para pecinta astronomi baik di saat ini maupun di masa yang akan datang. Amin.

Marsiano Launcher. Kredit Foto : Dessy Eprilya

Berikut beberapa dokumentasi selama acara berlangsung.

Diskusi dengan para Astronom Profesional

Tim HAAJ saat melakukan registrasi sebelum memasuki ruangan

Dua hari bercengkrama dengan sesama pecinta Astronomi membuat kami (tim HAAJ) semakin bersemangat untuk terus mengembangkan Astronomi ke masyarakat luas. Dan kami juga berharap kekeluargaan diantara pecinta-pecinta astronomi ini akan terus terjalin dengan adanya komunikasi yang terus kami jaga.
Bagi yang ingin melihat dokumentasi dan presentasi lebih lengkap dapat dilihat di http://astronomy.itb.ac.id/60th/spa/photos.html 
*Dokumentasi foto diambil dari web di atas
– Salam Astronomi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *