Pertemuan Rutin

Warta Pertemuan Rutin 1, Mengenal Astronomi Amatir


MENGENAL ASTRONOMI AMATIR

Materi mengenai mengenal astronomi amatir menjadi pembuka pertemuan rutin di tahun 2012. Ketua HAAJ, Muhammad Rayhan, yang menjadi narasumber di pertemuan ini memberikan gambaran mengenai seluk beluk dari kegiatan astronomi amatir. Diawali dengan pembahasan mengenai apa itu astronomi amatir, Kak Rayhan, begitu panggilan akrabnya, membawa peserta yang hadir pada hari itu untuk mengenal lebih dekat dengan istilah astronomi amatir itu sendiri.
Narasumber : Muhammad Rayhan
Setelah dikenalkan dengan astronomi amatir, Kak Rayhan mengenalkan beberapa tokoh dunia yang memang berasal dari astronomi amatir. Satu point yang cukup penting untuk digaris bawahi pada penjelasannya, “Astronom amatir yang dilatarbelakangi hobi itu juga banyak membantu astronom profesional dalam mengembangkan ilmu astronomi di dunia”.
Tidak cukup sampai mengenalkan beberapa tokoh astronomi amatir dunia, peserta juga diajak untuk merasakan bagaimana menjadi astronomi amatir. Kak Rayhan mengenalkan beberapa kegiatan yang biasa dilakukan oleh astronom amatir, alat astronomi apa saja yang bisa dibuat astronom amatir dengan bahan yang sederhana, sampai apa saja yang dapat dilakukan oleh astronom amatir  dalam mengenalkan dan mensosialisasikan astronomi pada masyarakat dan teman-teman kita. Tidak hanya itu, Kak Rayhan juga  mengenalkan beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh HAAJ sejak tahun 1984 sampai saat ini.
Peserta yang datang pada pertemuan pertama
Setelah beberapa penjelasan mengenai materi Mengenal Astronomi Amatir telah sampaikan, pertemuan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa pertanyaan dilontarkan seputar penjelasan yang telah diberikan. Sebagian penanya tertarik dengan pengalaman HAAJ sebagai Klub Astronomi Amatir yang tertua di Indonesia berkiprah dalam memasyarakatkan astronomi dan pengembangan hobi itu sendiri.
Kegiatan astronomi amatir di Indonesia memang jauh berbeda dengan negara lain yang memiliki berbagai penunjang fasilitasnya sendiri. Namun itu tidak menyurutkan minat masyarakat Indonesia yang hobi dengan Astronomi. Dengan adanya Klub-Klub Astronomi di berbagai sekolah dan instansi lainnya, kegiatan astronomi amatir semakin berkembang dan semakin banyak diminati. Kak Rayhan menyampaikan, dengan adanya klub-klub ini, diharapkan dapat menciptakan pola fikir yang saintifik. Dengan begitu, pemahaman terhadap fenomena astronomis yang terjadi dapat lebih diterima oleh akal yang didasari oleh ilmu yang astronomi yang telah dimiliki.
Pengamatan Malam setelah Pertemuan pertama Usai
Semoga dengan adanya materi ini mata kita lebih terbuka untuk memasyarakatkan astronomi . Perjalanan kita menjelajah luar angkasa di pertemuan rutin masih panjang. Nantikan materi di pertemuan selanjutnya dengan materi yang lebih menarik dan lebih dalam lagi.

Salam HAAJ


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *