Star Party

Warta Star Party 1 2012


STAR PARTY 1
GYMNASIUM KAMPUS IPB DRAMAGA BOGOR
17-18 MARET 2012
Kegiatan ke-astronomian oleh Himpunan Astronomi Amatir Jakarta sudah dimulai sejak 14 Januari 2012 yang lalu. Sejak saat itu, setelah dilaksanakannya kegiatan pertemuan rutin sampai dengan edisi ke-5, HAAJ kembali mengadakan Star Party, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan Star Party pertama pada tahun 2012 . Kegiatan star party 1 bersifat umum. Dengan kata lain HAAJ memberi peluang bagi siapa saja yang ingin mengikuti kegiatan “Pesta Bintang” ini, baik yang belum pernah mengikuti pertemuan rutin sekalipun.
Peserta yang berkumpul dan berangkat dari Planetarium bersama Panitia Star Party 1 2012
Bertempat di Gymnasium IPB Bogor merupakan kesekian kali HAAJ mengadakan Star Party 1. Melihat aksesnya yang cukup mudah dijangkau, memungkinkan bagi siapa saja untuk dapat datang ke lokasi ini. Fasilitas dan lokasi pengamatan yang memadai cukup menjadi alasan kenapa tim HAAJ memilih lokasi ini sebagai tempat diadakannya Star Party 1.
Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kali ini pun tim HAAJ tidak menyediakan kendaraan khusus untuk proses keberangkatan. Sengaja dikondisikan seperti itu, agar calon-calon astronom amatir ini merasakan bagaimana suasana menjadi seorang petualang dan merasakan suka dukanya perjalanan sebelum berpesta dengan bintang-bintang. Perjalanan ini pun menjadi awal untuk mengakrabkan diri antara pengurus HAAJ dengan para peserta.
Jumlah peserta melebih target 150 peserta, yaitu dengan total 154 peserta. masing-masing berasal dari kalangan siswa, mahasiswa, maupun khalayak umum. Dengan jumlah yang melebihi target, tentunya pengurus harus membagi diri untuk melayani para peserta. Kegiatan dimulai pada pukul 21.00 yaitu registrasi bagi peserta yang sudah hadir maupun yang baru ingin mendaftar ditempat. Pada sesi ini, peserta masih dibiarkan untuk melihat kondisi langit seputar Gymasium IPB. Terlihat antusiasme mereka dengan meminta beberapa pengurus untuk mengajarkan membaca peta bintang yang baru saja mereka dapatkan setelah registrasi, dan langsung mengaplikasikannya dengan melihat langit. Langit saat itu tampak sangat cerah, bahkan beberapa rasi pun sudah mulai terlihat dan ikut dihiasi dengan kehadiran planet Mars.
Peserta dan Panitia yang berangkat dari Planetarium menggunakan Jasa Kereta Api (kiri)
Antrian Registrasi Peserta di Gymnasium IPB Dramaga Bogor (kanan)
Memasuki pukul 22.00 mendadak langit mulai tidak bersahabat, bahkan sangat tidak bersahabat dengan turunnya hujan. Akhirnya peserta pun dikumpulkan ke dalam ruangan olahraga untuk memulai briefieng, sambil menunggu kalau-kalau saja langit kembali berbaik hati menunjukkan simpul keindahannya.
Di sesi briefieng ini, peserta diajak terlebih dahulu mengenal medan langit yang akan diamati dengan membaca log book yang sudah diberikan serta mencatat setiap hal-hal yang mereka dapatkan saat acara berlangsung didalam log book tersebut. Log book tersebut berisi objek-objek benda langit yang dapat dilihat pada saat pengamatan yang disertai informasi lengkap mengenai waktu, arah beserta konstelasinya.
Ternyata waktu satu setengah jam belum cukup untuk membuat langit kembali membuka dirinya untuk pengamatan. Akhirnya kegiatan dilanjutkan dengan workshop pelatihan teleskop. Peserta dibagi menjadi 7 kelompok dengan masing-masing teleskop untuk dipelajari yang dipandu oleh pengurus di setiap kelompoknya. Sebelum mempelajari teleskop, pada kegiatan per kelompok ini, peserta diajarkan bagaimana cara membaca peta langit terlebih dahulu. Berfungsi agar mereka mengetahui medan langit sebelum mereka mengamat. Diskusi astronomi pun mulai terjadi pada antara peserta dan pengurus HAAJ disetiap kelompoknya.
Briefieng dan Penjelasan Mengenai Peta Langit dan LogBook oleh Panitia (kiri)
Peserta dan beberapa panitia yang berkumpul di ruang olahraga (kanan)
Kemudian setelah diskusi panjang dan tahapan mempelajari peta langit berserta rasi yang terdapat didalamnya selesai, berlanjut pada pelatihan teleskop. Disini pengurus menjelaskan berbagai hal mengenai teleskop, mulai dari bagian-bagiannya, cara kerjanya , juga cara bagaimana merakitnya atau membongkarnya.
Tidak ada perubahan, sampai dengan pukul 02.00. Langit masih sangat malu-malu untuk membuka dirinya. Hujan rintik-rintik juga masih sedikit membasahi langit kawasan Gymnasium kali ini. Akhirnya peserta tetap berada didalam lapangan utama gymnasium, dan mulai bergantian untuk belajar mengenai perakitan teleskop dari tiap-tiap kelompok yang ada.
Pembagian Kelompok di lapangan indoor untuk pengenalan Peta Langit dan Pelatihan Teleskop (kiri)
Antusiasme Perserta yang mengarah ke Teleskop NA dengan mentor Ronny Syamara (kanan)
Ternyata waktu tidak membatasi mereka yang masih ingin belajar. Setiap pemandu dari HAAJ masih tetap stand by di kelompoknya. Namun beberapa peserta yang tampak sudah lelah  mulai mengambil waktunya untuk istirahat di dalam ruangan olahraga.
Antusias peserta memang sangat luar biasa, walaupun langit masih tidak mau menunjukkan keindahannya malam ini, namun mereka yang masih bersemangat, tetap melakukan diskusi astronomi dan belajar mengenai teleskop, bahkan banyak peserta yang tidak tidur selama semalam.
Sampai dengan pukul 06.30 pagi, sang mentari pun masih sulit untuk sekedar menghangatkan kami dengan sinarnya yang lembut. Namun kami berusaha berpacu dengan awan – awan hanya untuk sekedar menyapa sang mentari  melalui teleskop.
Pengamatan Matahari dengan menggunakan 2 teleskop, Vixen Porta dan Sky Watcher
Waktu menunjukan pukul 07.30, yang praktis secara efektif acara sudah selesai. Sebelum peserta pulang ke rumah masing-masing, peserta dikumpulkan kembali di beranda gymnasium untuk sekedar mengabadikan momen melalui gambar yang ditangkap oleh kamera.
Peserta yang mendapatkan Door Prize berupa Voucher Gramedia (kiri) dan Kaos Beyond IYA (kanan)
Praktis, acara ini berjalan dengan baik. Meskipun kondisi langit yang kurang bersahabat, namun ini adalah tahap awal para calon astronom amatir ini membiasakan diri dengan kondisi langit yang dapat berubah kapan saja. Namun, kami berharap suasana menjadi seorang astronom ini dapat dirasakan oleh semua peserta yang hadir dan mampu menjadi bekal bagi para calon astronom amatir untuk siap terjun ke masyarakat untuk terus memasyarakatkan astronomi.
Sampai jumpa di STAR PARTY berikutnyaaaaaaa …..
~Salam Astronomi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *