Star Party

Sekilas Cerita Star Party 2 , Pulau Pramuka 22 – 24 Juni 2012 (Day 1)


By : Berlian Herdiaty & Rahmia Nugraha

 Sekilas Cerita Star Party 2 , 
Pulau Pramuka 22 – 24 Juni 2012 (Day 1)

Bagi seorang Astronom Amatir, kegiatan Star Party itu sudah menjadi kegiatan wajib mereka, kali ini HAAJ mengadakan Star Party khusus untuk pengurus dan para anggota yang lolos seleksi workplan, esay dan logbook. Star Party kali ini sangat istimewa karena diadakan di Pulau Pramuka. Acaranya berlangsung 3 hari 2 malam, dari tanggal 22-24 juni. Star Party ini diikuti 4 orang anggota, 5 orang pengurus dan 3 orang peserta yang tak terduga. Beberapa peserta SP sudah menginap di planetarium satu hari sebelumnya.
Jum’at, 22 Juni 2012 
Pukul 09.00 semua peserta berangkat ke pelabuhan muara angke.
Perjalanan dari planetarium ke pelabuhan makan waktu 1,5 jam.
Sampai pelabuhan peserta Star Party menunggu kapal selama tiga jam

Akhirnya peserta Star Party berangkat pukul 13:30 menggunakan kapal Kerapu. Karena kapal yang ditumpangi jalannya ngebut, jadi waktu tempuh dari pelabuhan ke pulau pramuka hanya 45 menit, sangat berbeda pada saat waktu survey lokasi yang memakan waktu 1,5 jam.

Kapal kerapu yang kita tumpangin
Akhirnya kita sampai di pulau jam 15:30. Semua barang yang ada di kapal mulai diturunin dan dipindahin ke gerobak terus di anterin sampe penginapan. Jarak dari dermaga ke penginapan lumayan jauh. Walaupun jauh, pemandangan depan penginapan sangat super. Selesai beres-beres barang beberapa peserta ada yang  main di pantai depan penginapan dan ada juga yang mancing di deket dermaga.
Barang bawaan Star Party
Salah Satu pengurus HAAJ bermain Gerobak
Perjalanan Menuju Penginapan

Setelah jalan kaki beberapa saat, akhirnya sampailah kita di penginapannya. Nama penginapannya yaitu Penginapan Bu Siregar. Penginapannya termasuk stategis, langsung menghadap ke pantai, dan jalan beberapa saat ke kiri kita bisa melihat sunrise, jalan beberapa saat ke kanan bisa melihat sunset
  
Lokasi Penginapan Star Party dengan pemandangan pantai
Setelah sampai di penginapan dan beres-beres, peserta Star Party langsung menikmati keindahan pantai dan ada juga yg bermain pasir dan berburu kepiting, sedangkan para pengurus HAAJ memilih untuk memancing di dermaga.
Karena tema Star Party kali ini adalah astrofotografi, maka para peserta Star party pun sangat bersemangat dan tidak sabar menunggu datangnya malam, karena ingin mengabadikan keindahan langit di Pulau Pramuka. Setelah puas bermain di pantai, tak terasa hari sudah sore, sunset pun muncul 🙂 Para peserta Star Party pun mengabadikan keindahan sunset, lalu setelah matahari tenggelam, para peserta beralih untuk memfoto bulan sabit. Sekitar Pukul 19.00, tak disangka bimasakti sudah menampakkan dirinya, para peserta pun sangat bersemangat untuk mengabadikan bimasakti yg sangat luar biasa tersebut

 
Sunsen di Pulau Pramuka


Beberapa foto kegiatan selama di Penginapan
 
Star party kali ini beda dengan yang lain, karena para peserta bebas melakukan pengamatan dari jam berapa pun. Pengamatan dimulai dengan astrofotografi. Mereka mengambil beberapa foto sunrise yang kemudian berlanjut dengan memotret hilal yang berumur 3 hari. Semakin malam langit semakin bagus, banyak bintang yang bisa kita lihat. Bahkan jam 7 kita sudah bisa melihat milky way dengan jelas.

Hilal umur 3 hari (taken @ 18:19 camera: NIKON D3100 ISO:400 F/5,6 exposure time:1/20 sec)
Pada saat para peserta sedang asik memfoto dan mengamati langit menggunakan peta bintang, para pengurus HAAJ pun datang setelah beberapa jam memancing tapi tidak membuahkan hasil.
Ka Rayhan pun langsung mengeluarkan Teleskop Vixen NA untuk memfoto bimasakti dan Jewel Box (NGC 4755) yang berada di rasi Crux. Selain itu, ka Rayhan juga memfoto Trifid Nebula (M20), Lagoon Nebula (M8), Eagle Nebula (M16), dan Omega Nebula (M17) menggunakan Polarie

The milky way (taken @ 19:09 camera: NIKON D3100 ISO:1600 F/4 exposure time:20 sec )

Para peserta juga melakukan peneropongan dengan menggunakan Teleskop Sky-Watcher dan binokuler. Dengan begitu, open cluster dan globular cluster pun menjadi lebihm udah untuk dilihat.
Pada hari pertama, pengamatan dilakukan sampai sekitar jam 02:30, tetapi karena beberapa peserta sudah mengantuk, akhirnya sekitar jam 12 malam mereka tidur. Hanya ka Rayhan dan pak Wid yang tetap bertahan sampai jam 02:30

Sekian sekilas cerita Star Party 2 kemarin di hari pertama, untuk hari kedua jauh lebih seru lagi. Stay Tuned! 🙂

Salam Astronomi



2 Comments on Sekilas Cerita Star Party 2 , Pulau Pramuka 22 – 24 Juni 2012 (Day 1)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *