Pertemuan Rutin

Sekilas Cerita Pertemuan Rutin Kedua HAAJ di Tahun 2013


REPORT PERTEMUAN RUTIN HAAJ
TANGGAL 26 JANUARI 2013
Pertemuan Rutin Himpunan Astronomi Amatir Jakarta yang ke-2 berlangsung pada tanggal 26 Januari 2013, Dimana di isi dengan materi mengenai “Apa itu Astronomi?”. Pertemuan Rutin kali ini di isi oleh Pemateri Adly Rahmat Renhoran. Pertemuan dimulai pukul 16.00 dengan peserta yang cukup banyak yang berasal dari peserta Try Out Astronomi FPA (Forum Pelajar Astronomi) yang berlangsung sejak Sabtu pagi hingga sore hari. Pertemuan dimulai dengan penyampaian Materi dari oleh Adly mengenai Astronomi secara umum.
Suasana pada saat Pertemuan Rutin
Materi yang disampaikan antara lain adalah mengenai Astronomi secara umum, dimulai dari penjelasan umum mengenai Planet-planet, Tata Surya, Galaksi, Sistem Penamaan Hari, hingga Sejarah mengenai Mitologi-mitologi Astronomi dari berbagai belahan Dunia. Selanjutnya Materi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai tokoh-tokoh yang memiliki peran di dunia astronomi, teori-teori fisika yang diaplikasikan untuk dunia astronomi hingga kosmologi dan misteri yang tersisa dari astronomi hingga hari ini, seperti Dark Matter & Dark Energy. Materi dibawakan dengan cukup padat dikarenakan pemateri menyampaikan begitu banyak hal secara umum untuk memberikan gambaran apa itu sebetulnya astronomi dan apa saja yang dapat dipelajari dari Astronomi oleh kita semua.

Pemateri “Apa itu Astronomi” – Adly Renhoran

Pemateri menyajikan materi “Apa itu Astronomi”
Seperti biasa, setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan kembali dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab di mulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang cukup menarik seperti, “jika planet-planet mengelilingi matahari apakah matahari mengelilingi sesuatu, bagaimana dengan galaksi? Apakah sekian banyak galaksi kita mengelilingi sesuatu?” pertanyaan menarik ini pun dijawab dengan baik oleh pemateri dan diberikan beberapa pemaparan mengenai posisi kita yang tidak spesial dialam semesta, dan dimana galaksi satu dengan galaksi lain saling menjauh sesuai dengan prinsip Expanding Universe dan beberapa pemaparan lainnya. Peserta kali ini cukup banyak dan memiliki antusiasme yang sangat tinggi sehingga berbagai pertanyaan terus disampaikan oleh peserta pertemuan rutin hingga Jelang Istirahat Sholat Maghrib.
Sesi Tanya Jawab 1

Sesi Tanya Jawab 2

Sesi Tanya Jawab 3

Setelah Istirahat usai sekitar pukul 19.00 pertemuan rutin pun kembali dilanjutkan, dan tak disangka peserta pertemuan rutin pun memenuhi kursi peserta lebih banyak dari sesi pertama. Secara umum peserta pertemuan rutin kali ini lebih banyak dari biasanya, antusiasme peserta pada sesi pertanyaanpun sangat baik, dilihat dari banyaknya pertanyaan serta berbagai variasi pertanyaan yang disampaikan oleh peserta. Sesi ke-2 berlangsung dengan baik dan lancar, hingga akhir pertemuan pukul 20.00 pun pertemuan terus dibanjiri pertanyaan oleh peserta pertemuan rutin kali ini.
Berbincang dengan salah satu Peserta Pertemuan Rutin

Astro Kids Corner!
Ada satu hal yang menarik disini, jika ada Peserta Pertemuan Rutin yang membawa anak-anak maka Pengurus HAAJ akan mengajak mereka untuk mendapatkan kelas khusus yang biasa kita beri nama ” Astro Kids Corner”, Hal ini diberikan supaya anak-anak dapat mengenal ilmu Astronomi dengan bahasa yang lebih mudah.
Sekian Sekilas Cerita Pertemuan Rutin Kedua HAAJ di Tahun 2013.

Sampai ketemu kembali di Pertemuan HAAJ ke-3 Tanggal 9 Februari 2013.

Terima Kasih,
Salam.

Bersama HAAJ kita ciptakan masyarakat sadar IPTEK

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *