Pertemuan Rutin

Sekilas Cerita Pertemuan Rutin Perdana HAAJ di Tahun 2013


Pada pertemuan perdana di tahun 2013 ini dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2013, Himpunan Astronomi Amatir Jakarta menyajikan materi mengenai “ Mengenal Astronomi Amatir”, dengan pemateri yang diambil dari pengurus HAAJ sendiri yaitu Dedi Herianto. Pertemuan di mulai tepat pada pukul 16.00 WIB dimana pada saat itu peserta pertemuan rutin masih sedikit yang hadir kurang lebih 10 peserta yang disebabkan kondisi cuaca saat itu yang sedang hujan deras, namun ketika acara berlangsung peserta pertemuan pun semakin bertambah sekitar 42 peserta yang berasal dari KASTRO SMA, berbagai universitas bahkan keluarga pun ikut memeriahkan pertemuan rutin kali ini.


——————-
Suasana Pada Saat Pertemuan Rutin
Suasana Pada Saat Pertemuan Rutin

Materi Mengenal Astronomi Amatir ini dimulai dengan penjelasan mengenai pengertian dari kata astronomi dan amatir. Dimana pemateri menjelaskan bahwa astronomi adalah kajian ilmu yang merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam yang melibatkan pengamatan benda-benda langit, baik planet-planet, komet, nebula, gugus bintang atau galaksi serta fenomena-fenomena alam yang terjadi di luar atmosfir bumi. Kemudian materi ini pun dilanjutkan dengan penjabaran mengenai perbedaan antara astronom amatir dengan astronom profesional, baik dari segi bahasa maupun kegiatan-kegiatan yang membedakan antara keduanya. Di dalam materi ini pun juga disampaikan pula pengenalan komunitas-komunitas astronomi amatir baik di luar negri maupun di Indonesia.

Pemateri menyajikan materi “Mengenal Astronomi Amatir”
Pemateri menyajikan materi “Mengenal Astronomi Amatir”
Sesi Tanya Jawab
Materi dan sesi tanya jawab pun berakhir hingga maghrib tiba kira-kira pukul 18.10 WIB, kemudian jeda istirahat hinggal pukul 19.00 WIB. Sayang sekali pada pertemuan perdana ini cuaca sedang mendung sehingga kami tidak dapat melakukan observasi langit yang biasanya sudah dapat kami lakukan sejak jeda istirahat hingga pukul 20.00 WIB. Namun setelah jeda istirahat berakhir pertemuan rutin pun dilanjutkan kembali ke dalam sesi diskusi, hingga menjelang pertemuan rutin berakhir sebelum ditutup para pengurus HAAJ pun memperkenalkan dirinya masing-masing sesuai dengan jabatan selama tahun 2013 ini.

Sampai Bertemu Kembali Di Pertemuan Rutin ke-2 HAAJ di Tahun 2013 yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2013.

Bersama HAAJ kita ciptakan masyarakat sadar IPTEK


3 Comments on Sekilas Cerita Pertemuan Rutin Perdana HAAJ di Tahun 2013

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *