Pertemuan Rutin

Sekilas Cerita Pertemuan Rutin Ketiga HAAJ di Tahun 2013


REPORT PERTEMUAN RUTIN HAAJ
TANGGAL 9 Februari 2013
Pertemuan kali ini  pembicara pertemuan rutin haaj akan menyampaikan tentang matahari sebagai bintang.
Suasana Pertemuan Rutin.
Pertama dio menyampaikan dan mengenalkan berapa umur matahari dan data tentang matahari, setelah itu pemateri menjelaskan tentang bagaimana sejarah manusia mengamat langit dari zaman teori geosentris yang di cetuskan oleh salah satu ilmuan terdahulu yang bernama ptolomeus setelah menjelaskan tentang teori geosentis dia menjelaskan tentang  teori heliosentris yang di cetuskan oleh nicolas copernicus, dan di lanjutkan sampai zaman Galileo Galilei yang menggambar sketsa matahari.
Setelah dia menjelaskan tentang sejarah  yang berhubungan manusia dalam mengamati langit lalu pemateri menjelaskan tentang  pembentukan tata surya dari beberapa teori , setelah itu pemateri menjelaskan skema bintang menggunakan diagram H-R , menjelaskan suhu dari sebuah bintang dari dingin sampai ke panas. Lalu pemateri menjelaskan tentang urutan daur hidup bintang dari muda sampai tua lalu menjelaskan tentantang berapa umur matahari sekarang.

Pemateri Pertemuan Rutih HAAJ ke-3
Selanjutnya pemateri di  menjelaskan tentang bagaimana bentuk permukaan matahari dan beda dari bentuk dan warna jika menggunakan filter cahaya tertentu, dan selanjutnya menjelaskan tentang parameter fisis matahari dari berapa suhu permukaannya, suhu intinya, diameter, dan tingkat kecerahan.

Selanjutnya pemateri menjelaskan tentang bagian struktur skema matahari dari korona – inti dari matahari, selanjutnya pemateri menjelaskan tentang gejala dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di matahari seperti : morfologi sunspot(bintik matahari ),filamen, prominensa , looping magnetik ,angin matahari  tanpa terlewat dio menjelaskan tentang medan magnet yang terjadi di matahari.

AstroKids! Corner
Pada sesi  selanjutnya menjelaskan tentang bentuk dan sumber energi  matahari. Sebelum  menjelaskan energi yang di miliki matahari pemateri menjelaskan tentang bentuk matahari. Setelah itu menjelaskan tentang energi matahari yang berasal dari reaktor fusi nuklir yang di intinya dan menjelaskan menggunakan  skema tentang aktifitas matahari dari tahun ke tahun, dari jaman purba sampai sekarang  dimana matahari aktifitasnya tidak stabil terkadang matahari menjadi sering beraktifitas dan juga terkadang menurun , menjelaskan tentang prediksi NOAA tentang periode siklus dari matahari yang terjadi sekitar 10 – 11 tahun sekali. Lalu dijelaskan tentang aurora.
Di dalam sesi pertanyaan , langsung ada 4 pertanyaan yang di tujukan kepada pemateri, yang pertama tentang medan magnet matahari,perbedaan planet2 kenapa2 ada planet jovian dan terestrial, dan sesi pertanyaan semakin seru ketika  ada yang bertanya tentang CME (Corona Mass Ejection)Sekian Sekilas Cerita Pertemuan Rutin Ketiga HAAJ di Tahun 2013,
Ditunggu Kehadirannya di Pertemuan Rutin HAAJ Berikutnya Tanggal 16 Februari 2013.

Salam HAAJ.
Bersama HAAJ Kita Ciptakan Masyarakat Sadar IPTEK.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *