Pertemuan Rutin

Sekilas Cerita Pertemuan Rutin Keenam HAAJ di Tahun 2013


Report Pertemuan Rutin

Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ)

Planetarium Jakarta, 9 Maret 2013
Suasana Pertemuan Rutin HAAJ Keenam. Kredit : HAAJ
Sabtu, 09 Maret 2013 – HAAJ kembali menghadirkan materi Astronomi pada pertemuan rutin dwi mingguan ke-6. Materi yang disampaikan dalam pertemuan rutin kali ini membahas mengenai Bumi Sebagai Tempat Tinggal Kita. Mochamad Iskandarsyah Agung Ramadhan atau Danny panggilan akrabnya, menjelaskan beberpa poin pembahasan mulai dari cerita tentang Bumi dari beberapa mitologi sampai fenomena-fenomena terkait dengan bumi.
Pemateri Pertemuan Rutin HAAJ : Mochamad Iskandarsyah. Sumber : HAAJ
Mengenai cerita bumi pada masa lalu, Danny menjelaskan definisi bumi dari kacamata mitologi Yunani, Cina dan India. Dimana pada penjelasan tersebut diceritakan bahwa ketiga mitologi tersebut memiliki pandangan yang berbeda dalam menggambarkan ‘Apa itu Bumi?’. Bangsa Yunani memiliki pandangan sendiri terhadap Bumi yang dikaitkan dengan kisah dewa-dewa. Sedangkan Cina mengaitkan Bumi dengan kisah seorang raksasa yang setiap bagian tubuhnya digambarkan untuk mewakili sifat-sifat bumi. Kisah unik digambarkan oleh bangsa India yang menggambarkan Bumi dalam kisah tumpukan kura-kura.
Peserta Pertemuan Rutin HAAJ. Sumber : HAAJ
 Selain itu Danny juga menjelaskan bagaimana bumi terbentuk. Pembahasan mengenai pembentukan bumi dari beberapa teori djelaskan oleh Danny, mulai dari teori nebula sampai protoplanet. Tidak hanya itu, dijabarkan juga pada materi ini mengenai bagaimana orang terdahulu mengemukakan pendapatnya pada bentuk bumi yang datar dan bulat. Pendapat ini tentunya didukung dengan pembuktian-pembuktian yang dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan terdahulu. Dijelaskan juga mengenai lapisan-lapisan bumi, unsur-unsur yang terkandung di dalam bumi, serta peran bumi sebagai planet. Selain itu, bulan sebagai satelit alami bumi mendapat cerita khusus dalam pembahasan materi tentang bumi ini. Di akhir presentasi pemateri juga menjelaskan fenomena-fenomena terkait dengan bumi baik di masa lalu maupun fenomena yang baru-baru saja terjadi belakangan ini.
Setelah presentasi selesai dijelaskan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa pertanyaan dilontarkan dari peserta. Pertanyaan yang dikemukakan oleh beberapa penanya beraneka ragam, salah satunya yang dilontarkan oleh salah satu peserta yang menanyakan bagaimana orang terdahulu bisa tahu umur bumi. Pertanyaan mulai memanas ketika Kak Nurdin memberikan tiga pertanyaan sekaligus mengenai apa yang menyebabkan bumi memiliki kemiringan sumbu rotasi, gerak lempeng bumi dan mengapa kutub utara lebih cepat mencair dibandingkan dengan kurub selatan. Pertanyaan-pertanyaan yang ini dijawab oleh pemateri dengan baik meskipun dibantu juga oleh Pak Widya untuk pertanyaan yang belum bisa terjawab. Tepat pada pukul 18.00 WIB materi sementara ditutup dan dilanjutkan kembali pada pukul 19.00 WIB untuk jeda istirahat dan sholat bagi yang melaksanakannya.
Sesi Tanya Jawab 1. Sumber: HAAJ
Setelah jeda istirahat, acara dilanjutkan kembali dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan-pertanyaan yang semakin memanas mendorong peserta lain untuk berdiskusi. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan juga semakin menarik perhatian peserta sehingga diskusi semakin luas dan kompleks. Seperti biasa, untuk adik-adik yang datang ke pertemuan rutin juga memiliki kegiatan sendiri di salah satu sudut ruangan.
Sesi Tanya Jawab 2. Sumber: HAAJ
Semakin serunya diskusi yang berjalan membawa kita semua yang hadir larut dalam waktu. Disela diskusi yang terjadi pada ruang multimedia pada kali itu tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 20.10 WIB. Dan pada akhirnya moderator langsung mengakhiri sesi diskusi tersebut. Acara ditutup dengan tepuk tangan yang meriiah dari peserta dan dilanjutkan oleh Kak Rayhan dan Zidney yang berbagi cerita mengenai kegiatan Star Party I serta ajakan untuk semua yang hadir pada saat itu untuk mengabadikan fenomena terlihatnya komet PanStar yang dapat dilihat pada malam ini (Minggu, 10 Maret 2013 selepas matahari terbenam di ufuk barat).
Astro Kids! Corner. Sumber: HAAJ
Serangkaian acara kegiatan pertemuan itu berjalan dengan baik dan lancar, juga didukung oleh pemateri yang memiliki wawasan luas akan pembahasan tersebut. Semoga pertemuan selanjutnya akan lebih baik dengan materi yang juga semakin menarik.  Sampai bertemu di pertemuan rutin selanjutnya, Best Regards!
–    Bersama HAAJ kita ciptakan masyarakat sadar IPTEK


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *