Fenomena Langit

Konjungsi Bulan dan Mars


Selamat malam semua!
Pada bulan November ini cukup banyak ya fenomena astronomis yang dapat kita nikmati, walaupun cuaca lebih sering berawan dan hujan dibandingkan cerah.
Seperti pada pertengahan bulan ini. Setelah kemarin Jupiter dan Venus dapat kita lihat saling berdekatan, besok giliran Bulan dan Planet Mars yang akan saling berpapasan atau dikenal dengan istilah Konjungsi Bulan dan Mars.

Kedua benda langit ini akan benar-benar berpapasan atau berada pada asensioriekta yang sama pada tanggal 15 November 2017 pukul 06.30 WIB. Namun, pada saat tersebut tentunya kita akan sulit melihat Bulan atau pun Mars, karena sinar Matahari fajar sudah menerangi langit. Untuk itu, waktu terbaik untuk melihat fenomena ini adalah pada pukul 04.00 WIB, sekitar 90 menit sebelum Matahari terbit.

Bulan akan terlihat sedang berfase sabit tua dengan usia 25 hari dan iluminasi sekitar 12%. Ia akan terbit pukul 03.05 WIB tepat di titik Timur (Azimut 90 derajat) disusul dengan Mars yang terbit 4 menit kemudian. Magnitudo Mars ketika itu sekitar 2.03. Pada pukul 04.00 WIB kita akan melihat lengkungan senyum Bulan Sabit ditemani dengan titik cahaya kemerahan berjarak 4 derajat busur di sebelah selatan Bulan. Kita dapat terus melihat keduanya bersama-sama menaiki kubah langit dengan latar belakang rasi Virgo. Sinar Planet Mars akan semakin tersamarkan seiring meronanya langit fajar, baru akhirnya benar-benar menghilang pada pukul 05.15 WIB.

Seperti konjungsi pada umumnya, untuk menikmati fenomena ini tidak perlu menggunakan alat bantu seperti teleskop atau binocular. Namun jika kamu ingin melihat permukaan Bulan Sabit atau wajah Mars lebih dekat, teleskop tentunya dibutuhkan.

Jangan lupa bangun pagi! Semoga langit cerah ya ! 🙂

Sumber: Stellarium 0.14.3


1 Comment on Konjungsi Bulan dan Mars

  1. Eko Budiyanto

    Hi Mila,
    My name is Eko, I am a nubie in this group. Your post about the conjuction of Mars and Moon is so amazing.. I can’t wait to witness it.

    Please keep me updated in the loop of this stargazing news and events ya..

    Thank you

    Regards,
    EB

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *