Event HAAJ

Mengenal Himpunan Astronomi Amatir Jakarta: Profil dan Kegiatan


Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (disingkat HAAJ) adalah komunitas astronomi amatir Indonesia yang berbasis di Jakarta yang memiliki tujuan untuk memasyarakatkan astronomi ke publik.

Adanya komunitas ini dipicu pada perkembangan astronomi di dunia sudah semakin maju. Sementara itu, perkembangannya di negeri tercinta seolah jalan di tempat. Faktanya, masyarakat umum di nusantara masih banyak yang belum mengenal astronomi. Sebagian kecil masyarakat telah mengenalnya, namun masih menganggapnya sebagai ilmu yang “mewah”, tak tersentuh oleh kalangan non-akademik.

Himpunan Astronomi Amatir Jakarta sebagai salah satu sedikit instrumen astronomi yang mencoba untuk mengubah paradigma tersebut, dengan mengadakan berbagai kegiatan astronomis yang berbasis publik. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut, diharapkan visi “memasyarakatkan ilmu astronomi”, yang telah menjadi visi HAAJ sejak berdiri, dapat terwujud.

Pembentukan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta

Kertua HAAJ dari masa ke masa. Dok. HAAJ

Sejak Planetarium dan Observatorium Jakarta resmi dibuka untuk umum pada 1 Maret 1969, animo masyarakat, terutama di Jakarta, terhadap astronomi mulai tumbuh. Selang 1 dekade, penikmat astronomi semakin banyak, dan di antara mereka merasa kurang akan materi yang disampaikan pada pertunjukan Planetarium.

Melihat fenomena tersebut, Kepala Planetarium Jakarta saat itu, Drs. Darsa Sukartadiredja, mencoba untuk mengakomodir minat mereka dengan memprakarsai sebuah klub astronomi amatir bernama Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ). Beliau pun menjabat sebagai pembinanya. HAAJ resmi berdiri pada 21 April 1984 dan beralamat di Planetarium dan Observatorium Jakarta.

Visi dan Misi

Pengamatan Matahari pada acara Car Free Day di Bundaran Hotel Indonesia. Dok. HAAJ

Awal berdirinya HAAJ memang untuk mengakomodir minat sekelompok orang yang tertarik dengan astronomi. Namun dalam perjalanannya, HAAJ mencoba merangkul seluruh lapisan masyarakat, dari berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan, dan tingkatan usia. Baik siswa, mahasiswa, karyawan kantoran, sampai ibu rumah tangga. Dari anak yang masih digendong sampai yang sudah sepuh sekalipun. Semua berkumpul atas dasar satu alasan, yaitu hobi.

Hal ini selaras dengan visi HAAJ, yaitu memasyarakatkan ilmu astronomi. Untuk dapat mencapai visi tersebut dibutuhkan kerja dan kemauan yang keras untuk dapat menjalankan misi. Misinya berbentuk kegiatan-kegiatan keastronomian yang berbasis publik untuk dapat merangkul masyarakat.  Diharapkan dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut dapat membuat astronomi lebih dikenal di kalangan masyarakat luas sehingga menjadi suatu hal yang familiar untuk dipelajari.

Bentuk Kegiatan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta

Pada awal berdiri, kegiatan HAAJ masih sebatas pertemuan tak terjadwal untuk membahas materi-materi astronomi dan beberapa kegiatan pengamatan langit yang dilakukan secara insidentil. Terlebih secara organisasi, HAAJ mengalami pasang surut konsistensi. Namun, lambat laun mulai terlihat adanya pola rutinitas kegiatan yang terstruktur.

Akhirnya, sejak tahun 2000, HAAJ mempunyai beberapa kegiatan rutin dan non rutin yang disusun dalam satu lembar jadwal kegiatan selama satu tahun. Secara umum, kegiatan-kegiatan HAAJ terbagi menjadi dua: kegiatan rutin dan kegiatan non-rutin.

Kegiatan Rutin

Kegiatan Rutin HAAJ yang paling utama adalah “Pertemuan Rutin”, yang biasa dilakukan dua minggu sekali setiap Sabtu. Bentuk kegiatan tersebut berupa ceramah dan diskusi astronomi yang disampaikan oleh pemateri yang telah ditugaskan pada tanggal tertentu dan dengan materi tertentu, dengan bahasa ringan yang disesuaikan dengan peserta pertemuan.

Peserta kegiatannya adalah khalayak umum, dari berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan dan tingkatan usia. Dari kegiatan ini, diharapkan peserta dapat terbuka wawasannya terhadap ilmu astronomi dan mencoba untuk mendalaminya sebagai sebuah hobi yang bermanfaat.

Selain itu, sebagai sebuah klub astronomi, kami tentunya mengadakan kegiatan-kegiatan peneropongan, sebagai bentuk aplikasi materi-materi pertemuan. Kegiatan ini biasa kami sebut dengan “Star Party”. Kegiatan ini kami lakukan secara rutin empat kali dalam setahun di empat tempat yang berbeda. Waktu pelaksanaannya biasanya pada akhir pekan, mulai dari Sabtu sore sampai Minggu pagi selama 2 hari 1 malam.

Dari keempat kegiatan Star party yang diselenggarakan, satu diantaranya (yang pertama) dibuka untuk umum, sedangkan tiga Star Party lainnya diselenggarakan khusus untuk anggota. Dari seluruh rangkaian Star Party ini peserta diharapkan terbuka wawasannya terhadap kegiatan-kegiatan keastronomian yang bersifat praktis. Selain itu, diharapkan pula akan ada anggota yang ”serius” dalam menggeluti ilmu astronomi, baik dari segi keilmuan maupun dari segi keorganisasian.

Selain kedua kegiatan tersebut, kami juga mengadakan kegiatan berupa workshop yang biasa kami sebut dengan “Workshop Astronomi Amatir”. Kegiatan ini kami lakukan untuk mengakomodir anggota yang ingin mempelajari lebih lanjut materi-materi keastronomian, terutama yang bersifat praktis. Workshop dilakukan sekali setiap satu tahun pada hari minggu selama 1 hari penuh, dari pagi hari hingga malam.

Bentuk kegiatannya berupa pemberian materi-materi astronomi tingkat lanjut, workshop instrumentasi astronomi, workshop alat peraga astronomi, dan latihan penelitian dasar astronomi. Dari keseluruhan rangkaian workshop ini, diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan astronomi bagi peserta. Selain itu, peserta juga diharapkan dapat lebih terpacu lagi untuk mendalami ilmu astronomi, yang nantinya akan dapat menambah sumber daya manusia dalam mewujudkan visi “memasyarakatkan ilmu astronomi”.

Setelah kegiatan-kegiatan tersebut berjalan secara rutin, kami mencoba membuat kegiatan yang lebih besar dan lebih bersifat publik. Salah satunya, kami mengadakan kegiatan bernama “Astro Party”.Kegiatan ini dilaksanakan sekali setiap tahun di pusat kebudayaan negara-negara sahabat yang ada di Jakarta. Bentuk kegiatannya berupa talkshow, pameran dan pemutaran film tentang astronomi.

Pesertanya adalah siswa-siswi SMA atau sederajat. Dari kegiatan ini peserta diharapkan dapat mendapat wawasan yang lebih luas dalam menggeluti ilmu astronomi, baik sebagai hobi maupun profesi, khususnya di bidang astronomi populer. Selain itu, khususnya bagi panitia, diharapkan dapat menambah pengalaman dalam pengorganisasian kegiatan yang bersifat internasional dan tentu dampaknya bagi HAAJ sebagai organisasi astronomi dapat menambah jaringan yang lebih luas untuk dapat berkorespondensi, terutama dalam hal publikasi astronomi sebagai organisasi maupun keilmuan.

Workshop You Are Galileo! Project di SMAN 38 Jakarta. Dok. HAAJ

Selain Astro Party, kami juga memiliki kegiatan lain yang biasa disebut dengan “Pekan Astronomi Jakarta (PAJ)”. Kegiatan ini berupa lomba astronomi yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA atau sederajat. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar animo siswa sekolah, khususnya SMA, dalam hal astronomi.

Dari kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan para peserta dalam pembelajaran dan pengaplikasian materi-materi keastronomian dan diharapkan pula dapat memacu semangat dan animo para siswa SMA dalam mendalami ilmu astronomi.

Selain itu, bagi panitia, dari kegiatan ini dapat diketahui seberapa efektifkah dampak dari kegiatan-kegiatan keastronomian yang telah dilakukan oleh HAAJ terhadap kemajuan minat para siswa SMA, yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas kinerja dan performa pelayanan terhadap masyarakat, khususnya siswa SMA.

Kegiatan Non-Rutin

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, HAAJ juga mempunyai beberapa kegiatan non-rutin yang bersifat insidentil untuk dapat membantu meningkatkan kualitas kegiatan, memperkaya aktivitas-aktivitas keastronomian, memperluas jaringan dan publikasi dan tentunya mempermudah kami untuk mewujudkan visi memasyarakatkan ilmu astronomi.

Kegiatan-kegiatan itu antara lain adalah Star Party Penyuluhan, yaitu kegiatan-kegiatan penyuluhan astronomi yang dilakukan di lingkungan sekolah dan bersifat undangan. Waktu pelaksanaannya bersifat tentatif, tergantung dari undangan yang disampaikan.

Star Party Penyuluhan di Sekolah Pembangunan Jaya. Dok. HAAJ
Dok. HAAJ

Selain itu, jika ada fenomena astronomis yang terjadi, kami melakukan kegiatan-kegiatan pengamatan dan pendokumentasian yang kegiatannya biasa kami sebut dengan “Fenomena Astronomis”. Bentuk kegiatannya berupa open house pengamatan, yang dibuka untuk umum, dan ekspedisi pendokumentasian.

Pengamatan Gerhana Bulan Total di Plaza Theater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Via Instagram
Pengamatan Gerhana Bulan Total di Plaza Theater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Via Instagram
Ekspedisi Gerhana Matahari Cincin Himpunan Astronomi Amatir Jakarta
26 Desember 2019 di Batam. Dok. HAAJ

Selain kedua kegiatan itu, kami juga melakukan kegiatan-kegiatan non-rutin dalam beberapa peringatan-peringatan astronomi yang diselenggarakan. Salah satunya adalah kegiatan seminar dan pameran dalam rangka memperingati Pekan Antariksa Dunia, yang biasa diperingati setiap tahunnya di seluruh dunia. Kegiatan ini biasa kami lakukan dengan bekerja sama dengan pihak Planetarium dan Observatorium Jakarta.

Pameran Astronomi di Planetarium & Observatorium Jakarta. Dok. HAAJ

Selain itu, sebagai salah satu instrumen keastronomian di Indonesia, HAAJ kerap kali diundang untuk ikut berpameran dalam acara-acara yang diselenggarakan di berbagai instansi-instansi terkait. Kegiatan ini biasa kami sebut dengan “Pameran Astronomi”. Salah satu karya yang sering dipamerkan oleh para anggota HAAJ, yakni astrofotografi. Beberapa karyannya bisa kalian lihat di sini.

HAAJ juga rutin berkomunikasi dan berkolaborasi dengan komunitas astronomi di seluruh Indonesia. Salah satu bentuk pertemuan besar yang pernah dilakukan bernama JANAKA (Jambore Nasional Klub Astronomi). Di bawah ini merupakan dokumentasi bersama para ketua klub astronomi.

Sesi foto bersama perwakilan setiap klub astronomi dengan Dr. Hakim Luthfi Malasan selaku Dosen Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) juga mantan Kepala Observatorium Bosscha dan mantan Wakil Presiden Division C : Education, Outreach and Heritage, International Astronomical Union; Dian Yudha Risdianto, MT selaku Kepala LAPAN Pasuruan dan Prof. Dr. Thomas Djamaluddin selaku kepala LAPAN.

Itulah beberapa kegiatan rutin dan non-rutin HAAJ. Kami berharap kegiatan-kegiatan itu dapat terus dilakukan secara berkesinambungan dan dapat terus ditingkatkan kualitasnya demi tercapainya visi “memasyarakatkan ilmu astronomi”. Selain itu, kami juga mengharapkan akan adanya dukungan-dukungan dari pihak terkait dalam usaha mencapai visi tersebut.


HIMPUNAN ASTRONOMI AMATIR JAKARTA (HAAJ)
Jl. Cikini Raya No. 73 Jakarta Pusat 10330
Email : humas.haaj84@gmail.com
Facebook: HAAJ – Himpunan Astronomi Amatir Jakarta
Instagram: Himp. Astronomi Amatir Jakarta
Twitter : Penjelajah Angkasa
Youtube : HAAJ Penjelajah Angkasa


Leave a Comment

Your email address will not be published.